Roda Ban Truk Tiba-tiba Terbakar saat Berjalan Bikin Geger Warga

Truk yang terbakar rodanya diberi garis pengaman oleh polisi guna penyelidikan. (foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal- Sebuah truk trailer bermuatan gulungan  mengalami pecah tiga ban roda bagian kiri dan terbakar di jalan pantura Jambearum Patebon, Kamis (14/2/2019) petang. 

Beruntung, truk bernopol H 1750 EF yang dikemudikan Arif Sugiyanto warga Kudus Jawa Tengah ini tidak terbakar secara keseluruhan lantaran berhasil dipadamkan petugas Damkar Kendal. Sempat muncul dugaan roda itu dibakar oleh peneror pembakaran mobil yang belakangan ini lagi marak.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kejadian itu juga tidak menyebabkan kemacetan lalu lintas, karena saat roda ban terbakar, truk menepi ke badan jalan.

Menurut sopir truk  Arif, roda ban yang terbakar di sebelah kiri terjadi usai melewati jembatan Kalibodri. Sekitar 500 meter dari jembatan itu, roda ban baru diketahuinya terbakar. 

“Saya justru tahu setelah ada warga pengendara lain memberi isyarat dan mengatakan kalau roda ban sebelah kiri terbakar. Lalu truk saya tepikan ke pinggir jalan, api terlihat masih membakar roda ban itu,” kata Arif. 

Saat itu dia dalam perjalanan dari Cilegon menuju Surabaya. Karena terbakar  maka harus berhenti. 

“Ada tiga roda ban yang terbakar, satunya pecah. Saya juga tidak tahu apa penyebabnya,” tukasnya. 

Warga yang sempat melihat kejadian itu sempat ramai dan mengira dilakukan orang yang tak bertanggung jawab. Sebab, beberapa pekan terakhir marak terjadi teror aksi pembakaran kendaraan. 

“Saya kaget dan sempat melihat, truk trailer dari arah barat itu roda ban sudah terbakar. Hingga akhirnya berhenti tepat di depan seberang bengkel saya,” tutur Istri Zaenal warga RT 1 RW 1 Jambearum ini.

Polisi yang datang ke lokasi segera mengamankan lokasi dengan memasang garis polisi.  Kasatreskrim Polres Kendal AKP Nanung Nugraha mengatakan terbakarnya roda ban truk itu dimungkinkan kampas rem terkunci. Sehingga roda ban terbakar. 

“Jadi kampas rem truk ini terkunci, dari jarak sekitar 400 meter usai melewati jembatan Kalibodri dan akhirnya roda ban terbakar,” kata Kasatreskrim di lokasi kejadian. 

Pihaknya, juga belum bisa memastikan apakah roda ban truk itu murni terbakar karena itu atau dilakukan oleh orang lain. Sebab, kondisi wilayah yang beberapa waktu lalu marak terjadi teror aksi pembakaran kendaraan. 

“Untuk memastikan hal itu, kami berkoordinasi dengan Labfor Polda Jateng dan ini kita masih menunggu serta selidiki apa penyebabnya,” terangnya. 

Dirinya berharap pada masyarakat, agar tidak terpancing akan isu serta meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan keamanan wilayah. (dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here