HUT, 25 Desember Pemkab Semarang Gelar Nikah Masal dan Jalan Sehat

Alun-alun Bung Karno Ungaran, tempat pusat jalan sehat HUT Pemkab Semarang ke 36, Minggu (15/12/2019). ( foto ist)

SIGIJATENG.ID, Ungaran – Pemkab Semarang akan menggelar dua kegiatan besar dalam rangka Peringatan HUT ke-36 Kota Ungaran sebagai Ibukota Kabupaten Semarang. Dua agenda itu yakni Program Nikah Massal dan Jalan Sehat. Kedua agenda ini akan digelar bersamaan, pada Minggu, 15 Desember 2019 mendatang.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Semarang, M Risun, mengtakan untuk Program Nikah Massal ini tersedia kuota 50 pasangan calon pengantin. Kriterianya meliputi calon pengantin difabel, kurang mampu, serta calon pengantin yang sebelumnya nikah siri.

Pelaksanaan nikah massal itu, rencananya digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang pukul 09.00.

“Untuk teknisnya, karena naib wilayah kerjanya hanya di lingkup kerja masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA), maka secara bertahap sudah menikahkan calon pengantin yang dimaksud di KUA setempat. Khusus untuk Kecamatan Ungaran Timur, akan dinikahkan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang,” kata M Risun, Minggu (8/9/2019).

Dikatakan Risun, disamping untuk mengurangi risiko sosial, program ini bertujuan untuk menertibkan administrasi kependudukan, pencatatan pernikahan, dan yang utama adalah untuk melindungi hak sipil anak.

“Sekaligus untuk mengarahkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, bila ingin membangun keluarga ya harus bertanggungjawab. Sehingga nantinya bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah,” tegas dia.

Sementara itu, untuk jalan sehat akan dipusatkan di Alun-alun Bung Karno Ungaran, mulai pukul 06.00. Selain hendak mempromosikan wisata unggulan Kabupaten Semarang yakni Bukit Cinta, Banyubiru, Pemkab Semarang ingin memberikan edukasi kepada masyarakat terkait peduli sampah khususnya sampah plastik.

Panitia Jalan Sehat, menyediakan hadiah utama berupa satu unit mobil, satu paket umrah, satu unit motor, serta berbagai hadiah hiburan. Adapun harga tiket jalan sehat dijual Rp 20.000/tiket. Pembeli 5.000 tiket pertama, berhak mendapatkan kartu perdana dengan pulsa Rp 5.000.

Tiket dapat diperoleh di Agen Rokim (Alun-alun Lama Ungaran), Toko Fajar Busana (Belakang Pasar Karang Jati), Radio Zenith Salatiga, Radio Palapa Bandungan, Radio Rasika Ungaran, Koko Rowo Ambarawa dengan nomor whatsapp 0857-2775-4522. Kemudian di Kantor Suara Merdeka Salatiga (Jalan Veteran 31 Salatiga), Kantor Iklan Suara Merdeka ( Jalan Kawi 20 Semarang), serta Agen Tiket Sobari Kampung Leduwi Selatan 79 dengan nomor whatsapp 0852-0124-0181.

Adapun Posko Layanan Penjualan Tiket 24 jam, dipusatkan di Pos Keamanan Dalam (PKD) Kantor Bupati Semarang, Jalan Diponegoro 14 Ungaran.

“Di lokasi jalan sehat, ada pemeriksaan kesehatan gratis dan pasar murah. Informasi lebih lanjut, masyarakat bisa mengakses nomor layanan informasi +62 857-0046-5650 atas nama Bagus Mustofa,” kata ketua pantia jalan sehat Muhlisin. (Rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini