Bekraf Gelar Sertifikasi Profesi untuk Barista di Semarang

Ratusan barista di Semarang peserta sertifikasi profesi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi, di Hotel Grand Candi, Semarang, Jumat (2/8/2019). ( foto istimewa)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Ratusan barista di Semarang mendapat sertifikasi profesi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi.

Acara ini merupakan kerjasama antara Bekraf dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kopi Indonesia. Acara dilaksanakan pada 2-3 Agustus 2019 di Hotel Grand Candi, Semarang.

Direktur Harmonisasi Regulasi dan Standardisasi Bekraf, Sabartua Tampubolon mengatakan bahwa sertifikat di kalangan barista penting untuk dimiliki. Hal itu menjadi tolok ukur tingkat kompetensi barista di tingkat nasional bahkan internasional.

“Fasilitasi Sertifikasi Profesi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bahwa sertifikat kompetensi sangat penting dalam meningkatkan daya saing para barista baik di tingkat nasional maupun internasional,” katanya, Jumat (02/08/19).

Dikatakan, sejak 2019 kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Profesi Barista telah diberikan kepada 3000 lebih barista di seluruh Indonesia.

Adapun Semarang menjadi kali pertama bagi Bekraf menyelenggarakan kegiatan tersebut, serta menjadi kota kedelapan setelah Jayapura, Bali, Jakarta, Singkawang, Solo, dan Tangerang. 

Sementara itu, dalam kegiatan ini, para peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi seperti menyiapkan dan menghidangkan minuman non-alkohol, mengelola bahan baku, mengoperasikan peralatan, menangani pelanggan, berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa lnggris pada tingkat operasional dasar, bekerjasama dengan kolega dan pelanggan, dan keselamatan kerja. 

Tahap selanjutnya adalah penilaian oleh tim asesor dari LSP Kopi Indonesia. Kegiatan Sertifikasi Profesi Barista dilaksanakan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). (Taufiq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here