Sudaryono Berpotensi Jadi Rising Star di Pilgub Jateng

SEMARANG (sigi jateng) –  Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono memiliki peluang yang cukup besar dalam Pilgub Jateng 2024 mendatang. Sosoknya muda, pendidikan bagus, pengusaha dan memiliki sumber daya kuat bisa menjadi nilai plus dan bahkan bisa menjadi rising star.

Pengamat Politik dari Departemen Politik dan Pemerintahan FISIP Undip, Wahid Abdulrahman, menyatakan bahwa peluang bagi tokoh-tokoh muda dalam Pilgub Jateng terbuka lebar, terutama dengan tidak adanya incumbent yang akan maju.

“Wahid Abdulrahman mengatakan, ‘Sudaryono sebagai orang kepercayaan Prabowo dan Ketua Gerindra Jateng tentu memiliki potensi. Apalagi jika nanti Gerindra bisa mendapatkan suara besar dan paling tidak bisa mendekati suara PDIP di Pileg 2024. Tidak menutup kemungkinan dia (Sudaryono, red) bisa menjadi rising star di Pilgub Jateng,'” ujar Wahid ketika diwawancarai wartawan pada Kamis (8/2/2024).

Meskipun demikian, Wahid menegaskan bahwa hasil Pilpres akan memengaruhi dinamika Pilgub Jateng, karena hasil tersebut akan menjadi modal untuk menguatkan posisi partai politik. Namun, Wahid mengakui bahwa menguasai Jawa Tengah bukanlah tugas yang mudah, mengingat kompleksitas wilayah tersebut dengan 35 kabupaten/kota.

“Dengan jumlah 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng tentu harus memiliki manajerial yang bagus. Karena berbeda dengan DKI Jakarta misalnya, Gubernur lebih mudah mengatur karena hanya wilayah kota saja dan Gubernur yang menentukan. Kalau di Jateng, semua kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat,” tambahnya.

Wahid juga mengakui bahwa elektabilitas Gerindra mengalami peningkatan signifikan tahun ini, terutama setelah majunya Prabowo dalam Pilpres dengan dukungan koalisi besar, yang berdampak pada perubahan peta politik di Indonesia.

“Bahkan kekuatan Gerindra mulai diperhitungkan dengan banyaknya masyarakat yang datang ketika Prabowo kampanye akbar di Jawa Tengah,” tambah Wahid.

Meski demikian, Wahid menekankan bahwa untuk menghadapi dominasi PDIP, Sudaryono dan Gerindra perlu bekerja keras dan cerdas. “Kalau Gerindra serius mengusung Sudaryono, maka harus bergerak cepat. Tingkatkan popularitas dan gagasan untuk menyelesaikan berbagai masalah di Jateng,” ujarnya.

Wahid juga menyoroti karakter masyarakat Jawa Tengah yang cenderung nasionalis religius. Menurutnya, para kandidat Pilgub harus memperhatikan aspek ini dan menawarkan solusi konkret untuk permasalahan seperti kemiskinan, kesulitan lapangan pekerjaan, serta masalah petani dan nelayan.

“Sudaryono merupakan tokoh muda dan pendatang baru di Jawa Tengah. Tetapi ia memiliki kekuatan sumber daya kuat, apalagi sebagai orang kepercayaan Prabowo. Gerindra harus memaksimalkan mesin partai agar lebih kuat, dan di Jateng peluang terbuka lebar, apalagi tidak ada incumbent,” tutup Wahid. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini