Stand Kemenkum HAM Jateng Raih Predikat Terbaik Kedua di Event Dekranas Expo di Solo

Stand Kemenkum HAM Jateng memperoleh juara II dalam event Dekranasda Expo yang digelar di Kota Surakarta. (Foto : mahaka putra/sigijateng.id)

SURAKARTA (sigijateng.id) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dinobatkan sebagai juara 2 stand terbaik kategori Kementerian/Lembaga dalam gelaran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Expo tahun 2024 yang digelar di Pamedan Mangkunegaran Surakarta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ibu Walikota Surakarta Selvi Ananda Gibran Rakabuming Raka pada saat acara penutupan, Sabtu malam, (18/05/2024).

Kakanwil Kemenkum HAM Jateng Tejo Harwanto yang diwakili Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Iman Syafrizal serta Kasubid Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU) Widya Pratiwi Asmara mengaku bangga atas penghargaan tersebut.

Pasalnya kehadiran Kanwil Kemenkum HAM Jateng pada HUT Dekranas ke-44 itu mewakili Kemenkum HAM secara keseluruhan, di mana seluruh satuan kerja di Kanwil Jawa Tengah turut andil dalam mensukseskan jalannya Dekranas Expo.

“Kanwil Kemenkum HAM Jateng mewakili Kemenkum HAM RI turut ambil bagian di Dekranas  Expo agar masyarakat lebih mengenal tugas dan fungsi dari Kemenkum HAM,” kata Tejo Harwanto saat pembukaan Dekranas Expo pada, Kamis (16/5/2024), lalu.

Selama 4 hari keikutsertaannya dari tanggal 15-18 Mei, jajaran Kemenkum HAM Jateng menghadirkan layanan publik, berupa layanan pendaftaran kekayaan Ikintelektual, perseroan Plperorangan, appostile, pewarganegaraan, pemasyarakatan, konsultasi bantuan hukum dan HAM, layanan Paspor Simpatik dan layanan BHP Semarang.

Disebutkan, tak ketinggalan bermacam hasil pembinaan kemandirian di Lapas dan Rutan berupa kerajinan tangan warga binaan pemasyarakatan (WBP) disuguhkan pada event tersebut. Tujuannya agar hasil karya WBP semakin dikenal secara luas di kalangan masyarakat.

Paspor Simpatik

“Bahkan, tak hanya itu saja, produk-produk hasil dari indikasi geografis yang telah terdaftar juga turut dipajang di booth Kumenkum HAM Jateng,” katanya.

Banyak dari para pengunjung Dekranas Expo memborong produk yang dipamerkan Kemenkum HAM Jateng, bahkan sangkar burung hasil karya WBP Lapas Sragen sampai ludes terjual.

“Yang tak kalah menarik pula, Kemenkum HAM Jateng juga membuka booth layanan Paspor Simpatik dengan total kuota tersedia sejumlah 400 permohonan yang juga ramai pengunjungnya,” ujar dia.

Menurutnya, strategi lain yang digunakan jajaran Pengayoman Jateng untuk memperkenalkan tugas fungsi Kemenkum HAM kepada masyarakat adalah dengan mengadakan kuis. Hasilnya, booth Kanwil Kemenkum HAM Jateng tak pernah sepi dari pengunjung yang mampir.

Atas kerja keras tersebut, panitia Dekranas Expo 2024 pun memandang Kemenkum HAM Jateng pantas menerima penghargaan sebagai terbaik 2 stand terbaik kategori Kementerian/Lembaga.

“Kerja keras untuk menghasilkan karya terbaik, jika kita total menjalankannya pasti akan menghasilkan yang terbaik pula,” kata Kasubid AHU Widya Pratiwi Asmara saat menerima piagam penghargaan. (mahaka putra)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini