Siap Bersaing Mendapatkan Rekomendasi Megawati, Rukma Ambil Formulir Pendaftaran Cagub Jateng di PDIP

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Rukma Setyabudi saat mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon gubernur di DPD PDIP Jateng. ( foto pdip)

SEMARANG (sigijateng.id) – Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Rukma Setyabudi turun gunung ikut bersaing di ajang bursa penjaringan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah yang digelar DPD PDIP Jateng.

Rukma telah mengambil formular pendaftaran bakal calon gubernur di DPD PDIP Jateng pada Jumat (24/5) sore. Bahkan dia menjadi orang pertama yang mengambil formulir bacagub Jateng di partai tersebut. Adapun yang pertama mengambil formulir pendaftaran bakan calon wakil gubernur jageng adalah Heru Sudjatmoko mantan wakil gubernur Jateng, pada Hari Rabu (22/5/2024) atau hari pertama pengamambil formulir.  

Kedatangan Rukma didampingi tokoh gaek partai moncong putih Jateng, Willem Tutuarima dan sejumlah kolega dan pendukungnya.

Rukma yang asli Purworejo ini mengungkapkan, bahwa dirinya telah mempersiapkan dini guna menyambut Pilgub Jateng 2024 ini. Bahkan keberaniannya mengambil formulir pendaftaran bacagub ini juga karena mendapat banyak dukungan di berbagai daerah di Jawa Tengah.

“Masing-masing kabupaten/kota sudah ada teman-teman kita. Bentuknya seduluran, paguyuban, atau apapun,” ujar Rukma kepada wartawan.

Sebagai kader PDIP, Rukma menyatakan,  pendaftaran di DPD ini adalah tahap awal. Untuk selanjutnya dan sekaligus keputusan akhir berada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Saya mendaftar sebagai calon gubernur, adapun nanti apakah bisa maju atau tidak, tergantung pada Ketua Umum kami, Megawati Soekarnoputri yang akan mengeluarkan rekomendasi. Sebelum rekomendasi turun, sebisa mungkin mengajukan diri, tapi ketika rekomendasi turun kita harus tunduk, kita dukung bersama untuk berjuang,” terangnya.

Rukma menyatakan bahwa semua kandidat memiliki peluang yang sama sebelum rekomendasi resmi keluar.

“Kita yakin, semua masih mempunyai kans yang sama. Sebelum rekomendasi turun, semua memiliki kans yang sama,” katanya.

Pada kesempatan itu, Rukma juga menyampaikan ucapan selamat kepada rekan-rekannya yang sedang mengikuti Rakernas V PDIP di Jakarta.

“Pada kesempatan ini, yang sedang Rakernas di Jakarta, selamat Rakernas dan selamat berjuang berdasarkan kerakyatan dan gotong royong,” katanya.

Pada kesempatan itu, Rukma Setyabudi juga menyampaikan keprihatinannya terhadap situasi politik Indonesia saat ini yang menurutnya semakin carut-marut dan didominasi oleh politik praktis.

“Saya ingin sampaikan keprihatinan, melihat keadaan politik negara kita yang carut-marut tidak karuan, hampir semua yang dilakukan adalah politik praktis, ibaratnya seperti dagang sapi,” ujarnya.

Rukma menekankan pentingnya kembali pada perjuangan ideologi yang berfokus pada rakyat dan gotong royong, sesuai dengan ajaran Founding Father Indonesia, Soekarno.

“Kalau seperti itu, artinya kita kembalikan, kita berjuang utamanya untuk rakyat dengan gotong royong, itulah ideologi yang diperjuangkan oleh Founding Father kita, Soekarno, Marhaen yaitu rakyat kecil tetapi yang mampu untuk berdiri di atas kaki kita sendiri. Itu yang kita perjuangkan,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar politik praktis yang kini sering terjadi tidak sampai mengikis ideologi tersebut. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini