Rawan Kriminal Jelang Lebaran, Polisi Aktif Patroli Sambangi Pasar Cegah Peredaran Upal

Polisi Aktif Patroli Sambangi Pasar Cegah Peredaran Upal Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Foto : Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Cegah tindak kriminal jelang perayaan hari raya Lebaran 2024, jajaran kepolisian Polsek Bawang melakukan patroli pengawasan dengan menyambangi sejumlah tempat keramaian seperti pasar.

Hal tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen dalam mencegah segala bentuk kejahatan dan menurunkan angka kriminalitas. Salah satunya yakni mencegah peredaran uang palsu (upal) dan memastikan keamanan di pasar tradisional.

Diketahui, pasar menjadi pusat masyarakat dalam melakukan aktifitas kegiatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak menutup kemungkinan, tidak kejahatan selalu digunakan oleh pelaku dengan memanfaatkan kesempatan terlebih menjelang hari raya lebaran.

Kapolsek Bawang, AKP Slamet Riyanto, menggarisbawahi pentingnya kesadaran masyarakat akan potensi ancaman kejahatan.

“Kita harus selalu siaga. Kejahatan tidak mengenal waktu dan tempat, dan kita harus proaktif dalam mencegahnya,” kata AKP Slamet Riyanto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat 29 Maret 2029.

Kapolsek juga mengingatkan pengunjung pasar untuk tetap kewaspadanya terlejih mendekat Lebaran 2024.

Pihaknya mengimbau kepada para pengunjung maupun pedagang agar untuk selalu berhati-hati terhadap peredaran uang palsu dan barang ilegal.

“Pencegahan adalah kunci. Kami mengimbau semua pengunjung Pasar Bawang untuk memahami risiko dan potensi ancaman yang ada,” terang dia.

“Tidak ada toleransi untuk tindakan yang membahayakan diri sendiri atau orang lain. Kami mengandalkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk menjaga ketertiban,” imbuhnya.

Dengan semangat gotong royong, Kapolsek Bawang menutup dengan pesan yang menginspirasi.

“Kerjasama dan kewaspadaan kita bersama adalah fondasi pasar yang aman. Mari kita jaga kondusifitas kamtibmas di pasar Bawang agar selalu kondusif dan aman.” pungkasnya.

Sementara itu, Rohimah (61) salah seorang pedagang di pasar tradisional Bawang mengaku senang disambangi polisi sebab merasa aman dan nyaman. Dia menyebut mendekati perayaan lebaran 2024, aktifitas pasar meningkat.

“iya tadi diberi imbauan oleh pak polisi, agar kita selalu waspada dengan peredaran uang palsu telebih menjelang lebaran. Senang disambangi polisi, menjadi aman dan nyaman,” tukas pedagang sayuran ini. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini