Pemprov Jateng Gelontor Dana Rp 160 Miliar untuk Pemkab Wonosobo

Pemprov Jateng menyerahkan dana Rp 160 miliar lebih kepada Pemkab Wonosobo. Foto : mahaka putra/sigijateng.id

WONOSOBO (sigijateng.id) – Pemkab Wonosobo dapat bantuan dana senilai Rp 160 miliar dari Pemprov Jateng. Bantuan ini secara resmi disampaikan oleh Pj Gubernur Nana Sudjana, Senin (22/4/2024).

Bantuan yang diserahkan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, diberikan untuk Pemkabu Wonosobo, pemerintah desa, dan organisasi masyarakat di Wonosobo. Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan Masyarakat.

“Kita harapkan dengan bantuan Rp 160 miliar lebih ini bisa dimanfaatkan dengan baik, artinya harus tepat sasaran dan tepat waktu,” kata Nana Sudjana, Selasa (23/4/2024).

Masalah kemiskinan hingga stunting menjadi sasaran prioritas pemerintah pusat. Sehingga Nana Sudjana mendorong agar bantuan yang telah disampaikan tersebut bisa dimaksimalkan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Kinerja Pemkab Wonosobo sendiri mendapatkan apresiasi dari Nana Sudjana. Menurutnya, mereka telah berhasil menunjukkan tren positif di beberapa sektor. Misalnya, angka kemiskinan terus turun dalam kurun waktu 2021-2023, hingga mencapai 15.58 persen pada 2023.

Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pun terus mengalami penurunan, mencapai 5,32 persen pada tahun 2023. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2023 mencapai 70,18 persen. Diikuti pertumbuhan ekonomi mencapai 4,3 persen.

Nantinya, dari total bantuan anggaran yang diberikan tersebut, penggunaannya akan dibagi dalam berbagai program. Diantaranya perbaikan jalan, penanggulangan gizi, desa wisata, hibah pendidikan, hingga bantuan keuangan ke desa.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat menyatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemprov Jawa Tengah. Pihaknya berharap program tersebut bisa ikut menyelesaikan beragam persoalan di kabupaten Wonosobo.

“Bantuan keuangan dari pemprov sangat bermanfaat bagi kemajuan pembangunan di tingkat kabupaten, baik dalam pembangunan SDM, infrastruktur, maupun ekonomi masyarakat,” ujarnya. (mahaka putra)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini