Pelatihan Digital Talent Scholarship di Batang Diikuti Pelaku UMKM Usia Millenial, Ini Sasaran Tujuannya 

Ilustrasi. Foto : Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang bekerjsama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDM) Yogyakarta menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing di era digital.

Kegiatan tersebut diimplementasikan dalam sebuah pelatihan Desain Grafis, Digital Talent Scholarship (DTS), Digital Entrepreneurship (DEA), dan Thematic Academy (TA). Peserta pelatihan kegiatan itu rata-rata kaum milenial yang bergerak di bidang pariwisata dan pendidikan.

“Pelatihan ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) periode 2023-2026. Yakni meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Batang melalui penguatan daya saing daerah dan pertumbuhan ekonomi,” kata Triossy Juniarto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang.

Menurut Triossy, pelatihan ini memberikan nilai tambah bagi sumber daya manusia Kabupaten Batang agar semakin mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

“Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan dorongan penting bagi kaum milenial di sektor pariwisata untuk berkembang dan bersaing di era digital ini,” tutur Triossy Juniarto, saat membuka pelatihan di Pendopo Kantor Bupati Batang, Selasa (27/02).

Sementara itu, Kepala BPSDMP Yogyakarta, Anton Susanto mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM diharapkan dapat membangun kewirausahaan untuk mengembangkan bisnis secara digital. Dengan mengembangkan keterampilan digital marketing, diharapkan mereka bisa menjadi pengusaha yang sukses,” terang Anton yang juga instruktur pelatihan ini.

Pelatihan ini diikuti oleh 191 orang, yang terbagi dalam tiga jenis pelatihan, yaitu Digital Entrepreneurship (DEA) yang diikuti oleh 111 orang, Thematic Academy (TA) sebanyak 40 orang, dan Desain Grafis 40 orang, yang dibagi menjadi dua kelas.

Pelatihan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 27 hingga 29 Februari 2024. Harapannya peserta pelatihan ini akan menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM, ekonomi kreatif, para pendidik, ASN dan pelajar/mahasiswa untuk terus mengembangkan keterampilan di bidang teknologi digital.

Salah satu peserta pelatihan yang berkecimpung di dunia pariwisata mengaku senang dan antusias mengikuti pelatihan ini. Dikatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi dirinya yang bekerja sebagai pemandu wisata.

“Saya belajar banyak hal tentang desain grafis, digital marketing, dan kewirausahaan. Saya berharap dengan ilmu yang didapatkan ini bisa menarik dan informatif tentang destinasi wisata di Batang,” ucap Rifki. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini