Pagi Ini PWI Jateng Gelar Dialog 5 Rektor di USM dalam Rangka HPN 2024, Ini Tema dan Pembicaranya

Dialog 5 Rektor di USM dalam Rangka HPN 2024 siap digelar Rabu (7/2/2023) pukul 09.00 WIB. ( foto panitia)

SEMARANG (sigi jateng) –  Agenda Dialog 5 Rektor bertajuk “Memilih Pemimpin dengan Bertanggung jawab” akan digelar hari ini Rabu (7/2/2024) mulai pukul 09.00 WIB di kampus USM Jalan Arteri Soekarno Hatta Semarang.

Agenda Dialog 5 Rektor ini adalah gawe besar PWI Jateng bekerja sama dengan Pemprov Jateng dan USM dalam rangka memperingati perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

Dialog 5 Rektor akan menghadirkan Rektor Universitas Semarang Dr Supari ST MT, Rektor Universitas Dian Nuswantoro Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom, Rektor Universitas Wahid Hasyim Prof Dr KH Mudzakkir Ali MA, Rektor Universitas Islam Sultan Agung Prof Dr Gunarto SH SE Akt MHum, dan Rektor Universitas Kristen Satya Wacana Prof Dr Intiyas Utami SH MSi Ak.

Selain Dioalog Dialog 5 Rektor pagi ini, PWI Jateng juga akan digelar Khotmil Quran pada Kamis (8/2/2024) pukul 16.00 di Gedung Pers, Ziarah Makam Wartawan pada Jumat (9/2/2024) pukul 07.00 di Makam Mbapi Semarang, dan Tumpengan Syukuran Peringatan HPN Jumat (9/2024) pukul 08.30 di Gedung Pers Mugas Semarang.

Panitia sudah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Dialog 5 Rektor sudah dilakukan sejak Selasa siang. Selain luring, dialog 5 Rektor ini juga akan digelar sacara daring yang diikuti oleh pengurs PWI Kota/Kabupaten se Jateng.

Sejumlah stekholder dan mitra PWI sudah menyatakan kehadirannya dalam acara pagi ini. Acara ini nantinya juga diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai pergurungan tinggi.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menjelaskan, peringatan HPN tahun 2024 bertepatan dengan momentum gelaran pemilihan umum 2024. Maka dari itu, dalam rangkaian kegiatan HPN, PWI terpanggil untuk turut menciptakan pemilu yang damai.

Pada perayaan HPN kali ini, PWI sengaja mengusung tema ”Media Kuat, Demokrasi Kuat” dengan harapan insan pers bisa memberikan edukasi dan sosialiasasi kepada masyarakat. Dengan demikian, pers punya peran menjaga pemilu agar proses regenerasi kepemimpinan di lembaga eksekutif dan legislatif terselenggara dengan baik.

”Pers sebagai pilar keempat demokrasi sesuai UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, tentu punya tanggung jawab untuk memberikan cahaya yang mencerdaskan dalam berbangsa dan bernegara melalui pemberitaan berkualitas, sebagai penyampai informasi yang akurat, sekaligus penangkal berita hoaks,” kata Amir kemarin.

Ditegaskan Amir, Dialog 5 Rektor merupakan agenda dengan skala paling besar yang disiapkan oleh PWI pada HPN 2024 nanti. Melalui dialog ini diharapkan rektor selaku pemimpin perguruan tinggi bisa memberikan pandangan dan wawasan agar pesta demokrasi berupa pilpres dan pileg 2024 berlangsung dengan sehat, bermartabat, dan berkualitas. Di bagian lain, Ketua Panitia Pelaksana HPN Bakti Yudatama mengatakan, agenda pembuka HPN adalah Dialog 5 Rektor yang akan berlangsung pada Rabu, 7 Februari 2024 mulai pukul 09.00 – 13.00 WIB di Gedung Ir Widjatmoko Universitas Semarang (USM). Kegiatan ini bakal dihadiri sekitar 600 peserta, terdiri atas tamu undangan dan mahasiswa dari lima perguruan tinggi. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini