Mantap! Tak Hanya Padamkan Kebakaran, Satuan Petugas Ini Berhasil Evakuasi 104 Ular dan 120 Tawon Selama 2023

Ilustrasi - Petugas Damkar Kota Pekalongan berhasil mengevakuasi ular jenis piton. Foto : Istimewa

Pekalongan (sigijateng.id) – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP) Kota Pekalongan, Sriyana mengatakan selain tugasnya dalam pemadaman kebakaran, pihaknya juga aktif dalam kegiatan social seperti evakuasi dan penyelamatan hewan dan orang.

Salah satunya yakni Damkar Kota Pekalongan berhasil mengevakuasi ular sebanyak 104 kali pada tahun 2023 ini. “Tentunya jumlah ini mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun 2022 yang hanya sebanyak 60 kali,” kata Sriyana, Minggu (7/1/2024).

Ia juga menyebutkan bahwa jumlah evakuasi tawon yang telah dilakukan damkar tahun ini mencapai 120 kali, meskipun sedikit menurun dari tahun sebelumnya yang sebanyak 135 kali.

Selain itu, kegiatan evakuasi hewan lain seperti cincin dan kucing yang terjebak di sumur juga terus dilakukan oleh tim pemadam kebakaran.

“Evakuasi hewan seperti cincin dan kucing yang masuk ke sumur tahun 2022 tercatat sebanyak 68 kali, namun tahun ini mengalami penurunan menjadi 50 kali,” jelas Sriyana.

Tidak hanya melakukan evakuasi hewan, damkar juga terlibat dalam penyelamatan orang tenggelam yang terjadi di daerah Kota Pekalongan dan sekitarnya.

Pihaknya juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap serangan tawon, terutama spesies vespa yang sering dievakuasi oleh tim pemadam kebakaran.

“Tawon spesies vespa sangat berbahaya dan masyarakat diharapkan untuk selalu waspada,” imbuh Sriyana.

Damkar Satpol P3KP selalu siaga untuk membantu dalam kegiatan evakuasi dan penyelamatan yang dibutuhkan masyarakat Kota Pekalongan. “Jika membutuhkan bantuan untuk evakuasi dan penyelamatan, masyarakat dapat menghubungi Satpol P3KP,” pungkasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini