Lebaran 2024 : BI Tegal Siapkan Rp 4,6 T Uang Baru, Bisa Tukar Pakai QRIS!

Ilustrasi - BI Tegal Siapkan Rp 4,6 T Uang Baru. Foto: Istimewa

Tegal (sigijateng.id) – Guna memenuhi kebutuhan masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tegal menyiapkan uang baru sebesar Rp 4,65 triliun.

Bahkan, bagi masyarakat yang ingin menukar uang bisa dilakukan dengan cara nontunai atau QRIS.

Penukaran sudah dimulai hari ini sampai dengan 5 April mendatang. Sebanyak 74 titik layanan penukaran disiapkan di wilayah se-Eks Karesidenan Pekalongan. 10 diantaranya berada di wilayah Kota Tegal.

“Ini akan dilakukan penukaran uang rupiah bersama yang didukung oleh perbankan bersama Bank Indonesia. Khusus untuk Kota Tegal akan dilaksanakan di halaman parkir Kantor Samsat Tegal,” ujar Marwadi, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal.

Marwadi menambahkan, kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh BI dalam rangka merespons kebutuhan masyarakat atas uang rupiah pada periode Ramadan dan Idul Fitri. Selain cara tunai, penukaran bisa dilakukan dengan nontunai menggunakan QRIS.

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal mempersiapkan uang sebesar Rp 4,65 triliun untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran. Jumlah ini meningkat 1,12 persen dari tahun 2023 yang sebesar Rp 4,5 triliun,” kata dia.

“Penukaran uang baik melalui kas keliling dan layanan penukaran terpadu, dapat menggunakan tunai dan nontunai atau QRIS pada beberapa perbankan,” jelas Marwadi.

“Dengan kebijakan layanan penukaran di atas, masyarakat diimbau agar tidak melakukan penukaran uang melalui perantara karena terdapat potensi risiko seperti tidak adanya jaminan ketepatan jumlah uang yang ditukar,” lanjutnya.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa uang baru Rp 4,65 triliun ini sebagai wujud komitmen Bank Indonesia (BI) untuk memenuhi ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini