Kondisi Calon Haji Asal Batang yang Sakit kian Membaik, Kini Dirawat di Deli Serdang, Tim PPIH Solo Siap Jemput

Ilustrasi – Petugas PPIH Arab Saudi membantu Jemaah calon haji yang baru saja tiba di Madinah. Foto : Istimewa

Solo (sigijateng.id) – Kondisi Robiyah Sayun Tawan (77), jemaah calon haji asal Ujungnogoro Kabupaten Batang Kloter 37 dan tergabung Embarkasi Solo yang dirawat di RSUD Deli Serdang, Sumatera Utara, kondisinya kini kian membaik.

Jemaah calon haji tersebut, nantinya akan dijemput oleh Tim dari PPIH Embarkasi Solo untuk dibawa ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali dan dipersiapkan kembali keberangkatannya ke Tanah Suci.

“PPIH Embarkasi Solo melalui perwakilan dari petugas kesehatan dan dokumen, sore ini akan berangkat ke KNO (Kualanamu) untuk menjemput ibu Robiyah,” kata Kasubag Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, saat dikonfirmasi, Selasa (28/5/2024).

Dijelaskan Gentur, informasi dari RSUD Drs. H. Amri Tambunan bahwa jemaah atas nama Robiyah saat ini kondisinya sudah sangat baik, layak terbang dan siap dijemput.

Robiyah akan dibawa ke Embarkasi Solo lagi untuk dipersiapkan diberangkatkan menuju ke Tanah Suci bersama Kloter berikutnya.

“Insyaallah, informasi dari kesehatan dari rumah sakit Sumatera Utara sudah sangat baik, tinggal siap dijemput,” ucapnya.

“Tapi nanti tentunya sampai di sini akan dipastikan kesehatannya untuk layak terbang,” imbuhnya.

Menurut Gentur, Robiyah yang dirawat di Deli Serdang itu tidak langsung diberangkatkan dari sana. Namun harus dibawa kembali ke Embarkasi Solo dan diterbangkan ke Tanah Suci dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

“Ya karena sekarang ada fast track (Makkah Route) itu. Jadi semuanya harua keluar dari Adi Soemarmo untuk yang SOC (Embarkasi Solo). Karena Imigrasi Arab Saudi ada di sini,” jelas Gentur.

Proses Makkah Route Robiyah saat diberangkatkan ke Tanah Suci bersama kloternya awalnya bakal dibatalkan. Jadi harus melalui Makkah Route di bandara Adi Soemarmo lagi.

“Jadi visanya dibatalkan, terus ini dipersiapkan ulang untuk pemberangkatan di kloter selanjutnya,” papar dia.

Sebelumnya, Robiyah mengalami sakit di atas pesawat saat dalam perjalanan menuju ke Tanah Suci. Dia mengalami lemas dan tak sadarkan diri. Pesawat kemudian transit di Kualanamu dan anggota Kloter 37 dari Kabupaten Batang itu diturunkan di sana.

Robiyah kemudian dilarikan ke RSUD Drs. H. Amri Tambunan, Deli Serdang, Sumatera Utara untuk mendapatkan perawatan medis. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini