Ketua DPRD Kota Semarang Dukung Makam Mbah Syafi’i Jadi Destinasi Wisata Religi

SEMARANG (sigijateng.id) – Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman menghadiri kirab budaya yang diselenggarakan untuk memperingati haul Mbah Syafi’i Piyoronegoro, Minggu (19/5/2024).

Dalam kirab ini, ada gunungan hasil bumi yang diarak, ada pula patung kerbau yang ditarik, serta berbagai kreasi kirab lainnya sebagai simbol suburnya tanah di Semarang.

Sebelumnya, juga digekar lomba rebana serta pengajian akbar untuk memperingati haul.

Pilus, sapaannya, mendukung Makam Mbah Syafi’i menjadi destinasi wisata religi.

Pasalnya, sosok Mbah Syafi’i merupakan salah satu tokoh penyebar Islam di Indonesia dan mendirikan salah satu pondok tertua di Jawa Tengah. Konon jaman dahulu beliau juga ikut berjuang melawan penjajah.

“Beliau ini punya jasa yang besar selain mendirikan pondok dan syiar agama, dulu juga ikut melewan penjajah, jadi wajib hukumnya sebagai generasi muda kita ngur-uri budaya leluhur,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkot Semarang telah menjadikan makam Mbah Syafi’i sebagai destinasi religi di Ibu Kota Jateng. Diaa berharap agar acara haul bisa masuk ke kalender event sehingga bisa mendatangkan wisatawan.

“Haul ini kita juga angkat sebagai kearifan lokal salah satunya dengan kirab dan lomba rebana, tentu kita akan mendorong Pemkot agar bisa masuk ke kalender event sehingga bisa dibuat lebih besar dan meriah serta bisa mendatangkan wisatawan,” tuturnya.(Adv/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini