Hari Jumat Usahakan Perbanyak Shalawat, Berikut Manfaatnya yang Luar Biasa

SIGIJATENG.ID – Hari Jumat, adalah hari yang Istimewa bagi umat Islam. Dan ada banyak amalan yang dapat dilakukan pada hari Jumat, di antaranya adalah memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad saw. Tetapi jangan lupa, untuk melaksanakan sholat Jumat di masjid saat waktu sholat duhur tiba.

Melansir dari nu online, Imam Jalaludin As-Suyuthi dalam dalam risalah yang berjudul Al-Lum’ah fi Khasha’ishil Jumuah mengatakan amalan memperbanyak baca shalawat nabi sebagai salah satu keutamaan pada hari Jumat.

Karena sangat penting, ketika menjelaskan topik ini Imam As-Suyuthi memaparkannya agak lebih panjang dengan menyajikan banyak hadits-hadits ketimbang saat menjelaskan amalan lainnya yang hanya dalam satu atau dua hadits saja. Hadits itu di antaranya adalah:

Rasulullah saw bersabda:

ان من افضل ايامكم يوم الجمعة فيه خلق ادم و فيه قبض وفيه النفخة وفيه الصعقة فاكثروا من الصلاة علي فيه فان صلاتكم معروضة علي

Artinya: Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah Hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat, karena shalawat kalian akan dipersembahkan kepadaku.

Selanjutnya, Dari Abi Umamah Rasulullah saw bersabda:

Shalawat Fatih, Ini Lafal dan Keutamaan Membacanya

اكثروا من االصلاة علي فى كل يوم جمعة فمن كان اكثرهم علي صلاة كان اقربهم منزلة

Artinya: Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak membaca shalawat atasku, maka dia paling dekat kepadaku kedudukannya.

Hadits ini bersumber dari Anas Rasulullah saw bersabda:

من صلى علي في يوم الجمعة الف مرة لم يمت حتى يرى مقعده فى الجنة

Artinya: Barang siapa membaca shalawat atasku pada hari Jumat seribu kali, maka ia tidak mati kecuali akan diperlihatkan kedudukannya di surga.

Kemudian bersumber dari Abi Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda:

اكثروا من الصلاة علي فى اليلة الزهراء واليوم الازهر فان صلاتكم تعرض علي

Artinya: Perbanyaklah kalian membaca shalawat atasku pada malam bercahaya dan hari berkilauan karena sesungguhnya shalawat kalian akan disampaikan padaku.

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, keutamaan memperbanyak membaca shalawat pada hari Jumat bagi yang mengamalkannya antara lain:

Bacaan shalawat pada hari atau malam Jumat tersebut langsung dihadapkan kepada Nabi Muhammad saw.

Orang yang banyak membaca shalawat, khususnya pada hari Jumat derajat kedudukannya lebih dekat kepada Nabi Muhammad saw.

Bagi yang mengamalkan membaca shalawat hari Jumat akan ditulis dalam kelompok para syahid dan mendapatkan syafaat pada hari kiamat.

Dikabulkan hajat-hajatnya, baik kebutuhannya di akhirat maupun di dunia.

Pada hari kiamat akan datang bersama Nabi Muhammad seraya mukanya bercahaya.

 Semoga kita dapat melaksanakannya sebagai ibadah rutin di hari yang agung dan mulia itu. (asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini