Hari Ini, 360 Jemaah Kloter I Asal Temanggung Tiba di Embarkasi Solo, Begini Suasananya

Jemaah haji kloter 1 Solo (SOC) asal Kabupaten Temanggung, yang tiba di Asarama Haji DOnohudan Sabtu (11/5/2024). (foto kemenag jateng)

BOYOLALI (sigijateng.id) –  Kloter 1 Solo (SOC) sudah tiba di asrama Haji Donohudan dan diterima petugas Embarkasi Solo pada Sabtu (11/5/2024) pukul 10.00 WIB. Kloter 1 SOC ini berjumlah 360 jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Temanggung.

Mereka turun dari sembilan bus dan langsung mendapatkan layanan One Stop Service (OSS).

Kedatangan merekapun juga langsung disambut oleh Ketua PPIH Embarkasi Solo, H. Mustain Ahmad, Wakil Ketua I PPIH, Masmin Afif dan Kabid Penerimaan  dan Pemberangkatan Petugas Penyelenggaraan Ibadah haji Embarkasi Solo (SOC), Basori Alwi.

Basori mempersilakan jemaah haji yang sudah duduk di Gedung Jeddah untuk langsung mengisi daftar hadir dan menerima layanan OSS meliputi, cek kesehatan, dokumen, living cost, dan gelang.

Satu-persatu jemaah haji dipanggil untuk mendapatkan layanan OSS ini. Usai mendapatkan layanan OSS, jemaah diantarkan oleh petugas menuju asrama untuk segera beristirahat.

Menurut jadwal, jemaah kloter I ini akan berangkat menuju Arab Saudi dari Bandara Adi Soemarmo Solo pada Minggu (12/5/2024) dan dilepas oleh Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki, pada Minggu, 12 Mei pukul 12.00 WIB.

Jemaah haji kloter I terdiri atas 360 jemaah dengan rincian, 352 jemaah, 3 Petugas Haji Daerah (PHD) dan lima petugas. Petugas dengan sigap melayani para jemaah, mulai turun dari bus hingga menuju asrama haji untuk beristirahat.

Kloter 2 tiba asrama pukul 13.00 WIB dan akan terbang, Minggu 12 Mei pukul 14.30, jemaah hai dari Temanggung, dan Kabupaten Magelang

Kloter 3 tiba di asrama pukul 15.00 WIB dan akna terbang Minggu 12 Mei pukul 18.00 WIB ( Kabupaten Magelang).

Kakanwil Kemenag Jateng H Musta’in Ahmad mengecek langsung gedung Jeddah untuk penerimaan jemaah haji, Sabtu (11/5/2024) ( foto kemenag jateng)

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H Mustain Ahmad meminta semua anggota Satuan Tugas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo masa pemberangkatan 1445 H/2024 M siap melayani tamu Allah.

Kesiapan tersebut ditegaskan dalam apel siaga Satgas PPIH Embarkasi Solo yang diadakan pada Jumat pagi (10/5/2025) di halaman Asrama Haji Donohudan. Kakanwil yang bertindak sebagai pembina apel menegaskan, semua satgas harus siap sedia menyambut tamu Allah dengan ramah sesuai dengan slogan haji tahun ini yaitu Haji Ramah Lansia.

“Semua anggota Satgas harus terpanggil untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih cepat. Karena slogan haji tahun ini adalah Haji Ramah Lansia,” kata Kakanwil.

Kakanwil meminta Satgas Embarkasi Solo untuk melaksanakan tugas dengan professional. “Antara anggota dan Kepala Bidang harus saling berkoordinasi, agar kinerja terintegrasi dengan baik dan dapat berjalan berirama,” pesan Kakanwil.

Untuk menjaga pelayanan maksimal tersebut,  pihaknya juga meminta anggota Satgas PPIH mampu menjaga Kesehatan dengan pintar mengatur pola kerja dan istirahat. “Kita semua tidak memiliki jam kerja yang jelas. Untuk itu, silakan diatur bagaimana cara kita melaksanakan tugas dan juga istirahat. Manfaatkan waktu luang untuk istirahat. Mudah-mudahan kita diberikan kelancaran oleh Allah dalam bertugas,” katanya.

Satgas PPIH ini berjumlah 270 orang. Mereka telah dikukuhkan Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad pada Kamis malam (9/5/2024) di Gedung Muzdalifah.

Pada Haji 2024 ini, Embarkasi Solo (SOC) ini akan menerima kedatangan 35.978 jemaah asal Jawa Tengah dan DIY yang terbagi dalam 100 kloter.  Terjadwal mulai tanggal 11 Mei 2024 hingga 9 Juni 2024.(aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini