Hanya Dua Orang Daftar Calon Gubernur Jateng Melalui PDIP Jateng, Tidak Ada Nama Bambang Pacul

Hendrar Prihadi atau Hedni saat mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bacagub Jateng di PDIP Jateng, Kamis (30/5/2024). ( foto aris/sigijateng)

SEMARANG (sigijateng.id) –  Ada dua orang yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Pilgub Jateng 2024 melalui DPD PDIP Jateng, yang waktu penjaringannya berakhir Kamis (30/5/2024). Sementara yang mendaftarkan sebagai bakal calon wakil gubernur ada tiga orang.

Dua orang yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur adalah Hendrar Prihadi akrab disapa Hendi, yakni mantan Wali Kota Semarang dan Rukma Setiyadibudi, mantan ketua DPRD Jateng.

Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Waryanto yang akrab disapa Bambang Pacul, disebut-sebut mendapat dukungan dari partai lain tidak ikut mendaftarkan diri.

Sementara, untuk pendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur Jateng yakni Heru Sudjatmoko, mantan wakil gubernur, Riyanta, anggota DPR RI dan Sri  Mulyani bupati klaten. Kelima orang yang mendaftar tersebut adalah semuanya kader internal PDIP Jateng.

Anggota Panitia Penerima Pengembalian Berkas Pendaftaran Penjaringan Bakal Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah, Joko Purnomo, mengatakan, hingga batas akhir waktu pendaftaran yakni 30 Mei 2024, ada dua orang yang mendaftar sebagai calon gubernur, yakni Kepala LKPP yang juga ketua DPC PDIP Jateng Hendrar Prihadi dan mantan Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi.

Adapun tiga pendaftar lain untuk posisi bakal calon wakil gubernur adalah Bupati Klaten Sri Mulyani, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjarmoko, dan anggota DPR Riyanta.

“Dari yang mengembalikan formulir, dua yang sudah lengkap, Pak Hendi dan Bu Sri Mulyani,” kata Joko Purnomo, Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah tersebut.

Untuk bakal bakal calon lainnya, menurut Joko, masih ada yang harus dilengkapi sesegera mungkin.

Selama pendaftaran calon gubenur dan wakil gubernur Jateng 2024, kata Joko, DPD PDIP Jateng juga menerima empat pendaftar untuk bakal calon bupati/ wakil bupati.

Keempat orang yang mendaftar tersebut masing-masing Mahendra Farizal untuk posisi bakal calon Wakil Bupati Purbalingga, Muhammad Iqbal dan Jadug Trimulyo Ainul Amri sebagai bakal calon Bupati Jepara, dan Bima Eka Sakti sebagai bakal calon Wakil Bupati Tegal

Berkas pendaftaran, kata dia, selanjutnya akan diserahkan ke DPD PDIP Jawa Tengah untuk proses pencalonan lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, PDIP Jawa Tengah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah yang akan maju dalam pilkada sejak 22 hingga 30 Mei 2024.

Setelah ini, PDIP masih membuka pendaftaran, yakni di DPP. Jadi bagi yang ingin maju nyalon baik sebagai bupati/wakil bupati, wali kota/wakil walikota, gubernur/ wakil gubernur namun belum sempat daftar di DPC atau DPD bisa mendaftarkan diri di DPP. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini