Fakta Baru Penemuan Situs Candi Bata Tertua di KIT Batang, Perlu 20 Hektare Lebih Lahan

Fakta Baru Penemuan Situs Candi Bata Tertua di KIT Batang. Foto : Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Temuan keberadaan Candi Bata Tertua di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang Jateng mulai terkuak dengan adanya sejumlah fakta baru. Dari hasil pertemuan antara Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dengan Pemkab Batang pada Selasa (2/7).

Dari hasil pertemuan tersebut, disebutkan jika luasan situs candi yang harus dilindungi di kawasan industri terpadu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut mencapai lebih dari 20 hektare.

“Luas situs diperkirakan mencapai 20 hektare dan akan dikomunikasikan dengan KITB. Meskipun lebih dari 20 hektare, bagian yang berada di (PSN) akan diajukan untuk dikeluarkan dari KITB melalui koordinasi dengan PTPN,” katanya, Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki.

Lani menyebut, perlu ada komunikasi antara Pemerintah Daerah (Pemda), desa, KITB, dan PTPN mengenai langkah selanjutnya. Sehingga candi tertua yang berada di perbatasan antara Desa Sawangan dan Sidorejo, Kecamatan Gringsing itu benar-benar terlindungi.

“Penetapan situs sebagai cagar budaya juga akan melibatkan kementerian terkait karena ini termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN),” paparnya.

Sementara itu, Ketua Organisasi Riset Arkeologi Bahasa dan Sastra BRIN, Dr. Herry Jagaswara, MA, mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Batang.

Tidak hanya Pemkab, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) dan Museum Cagar Budaya (MCB) mendukung upaya ini sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Tugas dan fungsi BRIN sendiri adalah melakukan riset dan kajian atas temuan candi,” ujarnya.

Herry menyebut pentingnya publikasi dalam jurnal yang bereputasi. Peneliti harus yakin dengan temuannya sebelum menyebutnya sebagai struktur bangunan candi.

Dengan begitu harus ada kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Batang melalui mekanisme nota kesepahaman sinergis antara BRIN dan pemerintah setempat. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini