Emil Dardak Ikut Wisuda ke 68 USM, Lulus Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik

Emil Dardak, ikut diwisuda di USM, Rabu (29/5/2024). ( foto humas usm)

SEMARANG (sigijateng.id) – Presiden EAROPH International (Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements), yang juga wakil gubernur Jatim 2018-2023,  Dr H Emil Elestianto Dardak, SPWK BBus MSc atau Emil Dardak mengikuti prosesi upacara wisuda ke 68 Universitas Semarang (USM) pada Rabu, 29 Mei 2024, yang digelar di di Auditorium Ir. Widjatmoko dan Auditorium Prof. Dr. H. Muladi, S.H. USM.

Emil Dardak baru saja menyelesaikan studinya di USM, pada jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Fakultas Teknik. Dalam upacara tersebut, dia tidak hanya menjadi bagian dari para wisudawan, tapi juga menceritakan perjalanan ilmiahnya yang menarik.

“Pada saat S1, saya berpengalaman bekerja di World Bank. Di sana, saya terlibat dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur seperti jaringan jalan dan listrik. Kemudian, di S2, saya memfokuskan riset saya pada kebijakan fiskal yang berhubungan dengan ekonomi makro,” papar Emil.

“Pada tingkat S3, semangat saya semakin berkobar untuk memahami lebih dalam mengenai spasial ekonomis, yaitu bidang ekonomi yang melampaui sekadar angka, namun juga mempertimbangkan lokasi geografis. Saya menyadari bahwa perhitungan ekonomi tak lengkap tanpa memperhitungkan lokasi, terutama karena hubungan antara kota, desa, dan pasar sangat dipengaruhi oleh faktor geografis. Itulah sebabnya saya memilih untuk meneliti keterkaitan antara desa dan kota. Penelitian saya ini erat kaitannya dengan teori dan model yang saya pelajari di progam studi PWK USM,” lanjutnya.

Emil Dardak juga menekankan betapa pentingnya peran almarhum ayahnya dalam perjalanan hidupnya. “Yang ingin saya sampaikan, ini adalah kombinasi antara passion dan mungkin takdir, karena selain ketertarikan saya pada ilmu yang diajarkan di jurusan perencanaan wilayah dan kota, saya juga mengemban amanah dari almarhum ayah saya, untuk bisa menempuh studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota di USM,” ucapnya.

“Almarhum adalah seseorang yang sangat bangga dengan Universitas Semarang. Beliau adalah seorang insinyur yang mendapatkan penghargaan tertinggi dunia, tetapi memilih untuk mengabdikan profesionalismenya di kampus ini,” lanjutnya. Emil juga menyampaikan pesan inspiratif tentang betapa dinamisnya perjalanan hidup. “Dalam hidup kita, kita akan menemui hal-hal baru yang mungkin membuat kita jatuh cinta pada ilmu baru. Dunia terus berubah, dan kita harus terbuka untuk terus belajar dan berkembang,” tambahnya.

Seperti diketahui, Rektor USM Dr Supari ST MT mewisuda sebanyak 522 lulusan dalam Upacara Wisuda Ke-68 D3, Sarjana, dan Pascasarja Universitas Semarang pada 29 Mei 2024.

Ke-522 lulusan tersebut terdiri atas lulusan D3 Manajemen 4 orang, S1 Ilmu Hukum (31), S1 Manajemen (91), S1 Akuntansi (52), S1 Teknik Sipil (18), S1 Teknik Elektro (37), S1 Perencanaan Wilayah Kota (17), S1 Teknologi Hasil Pertanian (28), S1 Psikologi (41), S1 Sistem Informasi (34), S1 Teknik Informatika (45), S1 Ilmu Komunikasi (47), S2 Manajemen (32), S2 Ilmu Hukum (36), dan S2 Psikologi (9).

Hadir dalam Upacara Wisuda Ke-68 USM antara lain Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD, Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Pengawas Yayasan Alumni Undip Prof Dr Priyo Bintoro, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Hj Kesi Widjajanti SE MM, Ketua Senat USM, Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog dan Kepala LLdikti Wilayah 6 Jateng, Bimo Widyo Andoko, S.H., M.H. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini