Dr Supari: USM Telah Bekali Lulusan dengan Ilmu, Teknologi, dan Nilai-Nilai Keindonesiaan

Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT

SEMARANG (sigijateng.id) – Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT menjelaskan bahwa USM telah membekali para lulusan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan nilai-nilai yang akan membentuk karakter intelektual dan berkeindonesiaan.

“USM telah membekali wisudawan dan wisudawati dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta nilai-nilai yang akan membentuk karakter yang intelektual dan berkeindonesiaan. Itulah salah satu visi USM,” jelasnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr Supari dalam sambutannya pada pelaksanaan Upacara Wisuda USM ke 68, Rabu, 29 Mei 2024, di Auditorium Ir. Widjatmoko dan Auditorium Prof. Dr. H. Muladi, S.H. USM.

Dr Supari menambahkan bahwa karakter berkeindonesiaan adalah karakter yang menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme, kebebasan akademis, budaya akademis, dan kejujuran intelektual.

“Karakter berkeindonesiaan mencakup sikap-sikap intelektual yang beradab, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan selalu menghayati empat pilar kehidupan bangsa. Selain itu, sikap berbudaya, toleransi, demokratis, tangguh, serta berani membela kebenaran juga menjadi ciri khas berkeindonesiaan di USM,” paparnya.

Lebih lanjut, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Ir Hj Kesi Widjajanti SE MM, menyatakan bahwa visi dan misi Yayasan Alumni Undip sebagai badan penyelenggara USM adalah turut serta dalam mencerdaskan bangsa, dan upacara wisuda ini adalah bukti nyata bahwa visi dan misi tersebut dapat terwujud. “Upacara wisuda ke-68 ini adalah bukti bahwa kita bisa mewujudkan visi dan misi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof Kesi menekankan bahwa keluarga adalah motivator dan inspirator terbaik. “Motivator dan inspirator terbaik bagi Anda semua adalah keluarga. Berkat mereka, saudara bisa berada di sini hingga meraih kesuksesan kedepannya,” jelasnya.

Prof Kesi juga mendorong para wisudawan untuk tetap semangat dalam mengejar cita-cita mereka. “Para wisudawan, tetaplah semangat untuk melangkah sampai ke cita-cita yang saudara impikan. Suatu hari nanti, Anda bisa sukses dan saya percaya Anda bisa melakukannya,” katanya.

Sementara itu, perwakilan wisudawan, Kombes Pol Windro Akbar Panggabean SIK SH MH, menyampaikan wisuda adalah momen bersejarah sebagai tonggak akhir perjalanan mahasiswa dan awal perjalanan baru dalam kehidupan profesional.

“Ini adalah momen yang kita tunggu bersama-sama, sebuah tonggak yang menandai akhir perjalanan kita sebagai mahasiswa dan awal perjalanan baru dalam kehidupan profesional kita,” katanya.

“Dalam upacara wisuda hari ini, para wisudawan dan wisudawati berkumpul untuk merayakan pencapaian intelektual dan kerja keras selama bertahun-tahun. Mereka mengenakan toga dan topi sarjana dengan bangga, yang melambangkan pencapaian intelektual dan kerja keras selama bertahun-tahun,” lanjutnya.

Adapun jumlah lulusan pada wisuda ke 68 sebanyak 522 wisudawan, diantarannya D3 Manajemen 4 orang, S1 Ilmu Hukum (31),  S1 Manajemen (91), S1 Akuntansi (52), S1 Teknik Sipil (18),  S1 Teknik Elektro (37),  S1 Perencanaan Wilayah Kota  (17). Selanjutnya, S1 Teknologi Hasil Pertanian sebanyak 28 orang, S1 Psikologi (41), S1 Sistem Informasi (34), S1 Teknik Informatika (45),  S1 Ilmu Komunikasi (47),  S2 Manajemen (32),  S2 Ilmu Hukum (36), dan S2 Psikologi (9). (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini