Dorong Inovasi Lokal, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Kunjungan UMKM ke Pengusaha Jamur

SIGIJATENG.ID – Dalam upaya mendorong pertumbuhan dan inovasi di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mahasiswa KKN UIN Walisongo melakukan kunjungan ke pengusaha jamur di RW 04, Kelurahan Banjardowo, Genuk, Kota Semarang, pada 12 Agustus. Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki potensi kerjasama serta berbagi pengetahuan terkait pengembangan usaha jamur.

Sany Sinatrata selaku pemilik usaha menyambut baik antusiasme dari mahasiswa KKN “saya sangat senang dan terbuka dengan kedatangan teman-teman KKN yang ingin belajar dan mempromosikan mengenai olahan jamur, dengan sinergi iki kita dapat mengembangkan potensi jamur yang semakin luas dan memberi manfaat bagi semua pihak” ujar Sany

Selama kunjungan, Sany mengajak berdiskusi mengenai inovasi produk dan peluang kolaborasi dalam pemasaran bersama. Dari bahan jamur tersebut bisa dibuat bermacam-macam olahan makanan seperti pepes, sate, hingga olahan unik seperti cendol dan puding jamur. Diskusi tersebut juga memberikan wawasan bagaimana caranya menggandeng mitra dan meningkatkan daya tarik pasar. Muhammad Burhanudin selaku Koordinator Desa juga mengungkapkan kunjungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan mengenai berbagai macam olahan jamur.

“Kalau tidak melakukan kunjungan ke UMKM jamur kita mungkin tidak akan tahu kalau jamur bisa menjadi olahan unik seperti cendol dan puding,” ujar Burhanudin.

Kunjungan ini diharapkan dapat memfasilitasi pertukaran ide yang konstruktif dan memperkuat jaringan antar pelaku usaha serta membuka peluang baru dalam pengembangan produk berbasis jamur. Dengan adanya sinergi ini diharapkan akan muncul inovasi dan peningkatan kualitas yang dapat memperkuat posisi UMKM di pasar lokal maupun nasional.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu mahasiswa KKN bahwa kunjungan ini berpotensi untuk menyebarluaskan potensi jamur ke masyarakat luas.

“Dengan adanya kunjungan ini semoga potensi jamur akan semakin meluas dan banyak masyarakat mengetahui banyak olahan yang bisa tercipta dari jamur,” kata Aini selaku koordinator Humas KKN Posko 29 UIN Walisongo. ( kkn uin ws/*)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini