Dewan Minta Pemkot Semarang Gelar Operasi Pasar Sikapi Harga Bahan Pokok Tinggi

SEMARANG (sigijateng.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melakukan operasi pasar sebagai langkah menyikapi kenaikan harga bahan pokok.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Muhammad Afif mengatakan, tingginya harga pangan saat ini apalagi menjelang bulan suci Ramadan, penting dilakukan operasi pasar agar harga kebutuhan pokok masyarakat bisa stabil.

“DPRD tentu mengajak Pemkot Semarang harus melakukan operasi pasar, mengingat sangat penting agar buat harga menjadi stabil,” papar Afif, Jumat (8/3/2024).

Pedagang, sambung dia, juga diimbau tidak menaikkan harga semau sendiri. Sebab, kondisi ini akan membuat beban berat bagi masyarakat.

Operasi pasar dinilai langkah efektif dalam upaya penurunan harga bahan pokok. Sehingga, tidak ada pedagang maupun tengkulak yang mengambil kesempatan dengan mempermainkan harga di pasaran. Serta, tidak ada oknum yang menimbun stok bahan pangan untuk keuntungan semata.

Afif berharap, pemerintah kota Semarang memberikan imbauan kepada semua pedagang besar maupun distributor agar diimbau untuk tidak menaikkan harga pangan terlalu tinggi.

“Peran pemerintah besar untuk bisa mengumpulkan para pedagang besar dan distributor agar tidak seenaknya menaikkan harga di pasaran dan juga mewanti wanti agar tidak menimbun stok,” ucapnya.

Di samping itu, Afif menambahkan, menggelar pasar murah di setiap wilayah juga menjadi langkah yang tepat. Hal itu bisa meringankan beban masyarakat dengan harga yang bisa dijangkau.(Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini