Ahmad Luthfi – Taj Yasin Daftar di KPU Jateng, Gibran Ikut Mengantar

Pasangan bakal calon gubernur jateng dan wakil gubernur jateng Ahmad Luthfi dan Taj Yasin saat mendaftar ke KPU Jateng, Rabu (28/8/2024). ( foto timses)

SEMARANG (sigijateng.id) – Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maemoen datang ke KPU Jawa Tengah, Rabu (28/8), pukul 09.00 WIB untuk mendaftarkan diri.

Pasangan Luthfi-Yasin datang dengan iring-iringan ratusan pendukung dan simpatisan ke kantor KPU Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Veteran, Kota Semarang. Tampak ikut mengantar pasangan ini, calon wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dan mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo.

Rombongan ini berangkat dari posko mereka di Kampung Kali Semarang menggunakan mobil jip terbuka dan juga iring-iringan mobil VW. Juga ada truk trailer dengan sound system di belakangnya.

Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono mengatakan pasangan ini diusung banyak partai. Sesungguhnya terdapat 12 partai pengusung pasangan Luthfi-Taj Yasin, namun hanya sembilan yang tercatat dalam dokumen persetujuan yang diterima KPU. Dan jumlah suara sah dari sembilan partai pengusung bakal pasangan calon gubernur ini sebanyak 13,7 juta.

Sembilan partai yang mengusungnya, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PKB, Partai Nasdem, PAN, PPP, Partai Demokrat, PSI, Partai Buruh,

Sedang tiga partai lain tidak masuk dalam dokumen yakni Partai Buruh, Partai Bulan Bintang, dan Partai Garuda.

“Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi terhadap dokumen pencalonan dan syarat pencalonan. Kalau ada yang belum benar, masih ada kesempatan untuk melakukan perbaikan hingga 8 September 2024,” katanya.

Dalam syarat pencalonan itu, kata dia, juga sudah dilampirkan surat penyataan mundur sebagai anggota Polri untuk Ahmad Luthfi dan mundur sebagai calon anggota DPD RI terpilih untuk Taj Yasin.

Sementara itu, Ahmad Luthfi menyatakan siap melaksanakan tahapan Pilkada 2024 usai pendaftaran pada hari ini.

“Kami akan ikuti ketentuan KPU agar tahapan pemilu berjalan baik,” katanya.

Luthfi melanjutkan, “Jawa Tengah akan lebih baik dengan cara ‘ngopeni’ dan ‘nglakoni’.”

Pasangan Luthfi – Gus Yasin menjadi pasangan bakal calon kedua yang mendaftar di KPU Jateng. Sehari sebelumnya, yang sudah mendaftar ke KPU Jateng adalah Andika-Hendi, yang diusung PDIP.  (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini