Yoyok Sukawi dan Sandiaga Uno Ngobrol Workshop KaTa Kreatif Indonesia

Anggota Komisi X DPR Yoyok Sukawi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Sekda Jateng Sumarno Pj Walikota Salatiga Sinoeng N Rachmadi menghadiri acara Workshop KaTa Kreatif Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Ruang Kaloka Gedung Setda Kota Salatiga, Kamis (14/9). (foto dpr)

SALATIGA (sigijateng.id) – Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi menghadiri acara Workshop KaTa Kreatif Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Ruang Kaloka Gedung Setda Kota Salatiga, Kamis (14/9).

Pada kesempatan tersebut, hadir langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Selain Sandiaga, hadir juga Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno dan Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi.

Sandiaga Uno dalam paparannya mengatakan bahwa Kota Salatiga merupakan kota yang telah ditetapkan sebagai kota kreatif nasional.

“Salatiga sudah ditetapkan sebagai Kota Kreatif Nasional khusus kuliner, sekarang tinggal maju ke tingkat dunia,” ujar Sandiaga.

Politikus PPP ini juga menekankan untuk para pelaku UMKM semakin meningkatkan Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi yang ditekankan kepada digitalisasi, dan juga semakin Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol yang selama ini digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu, Sandiaga juga mengatakan pihaknya telah menggagas dan menyebarkan inovasi baru yaitu Sustainable Tourism yang bertujuan untuk dekarbonisasi dari pariwisata dan industri ekonomi kreatif untuk keberlanjutan lingkungan.

“Seperti yang kita tau karena meningkatnya polusi, mulai ada gagasan-gagasan baru munculnya industri-industri hijau yang ternyata juga sudah mulai diminati banyak orang, sehingga ini juga bisa jadi peluang” tandas Sandiaga Uno.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi mengatakan bahwa Kemenparekraf telah luar biasa dalam mendukung ekonomi kreatif.

Salah satunya dengan beberapa kegiatan seperti pelatihan dan workshop bagi pelaku ekonomi kreatif di dapil Yoyok Sukawi.

“Luar biasa banget kegiatan Pak Menteri ini, saya pantau seperti di Kota Semarang beberapa kali kegiatan lalu ini di Salatiga semua kegiatannya hidup dan memberi manfaat untuk ekonomi kreatif se-Indonesia. Semoga kedepannya Ekraf terus maju dan menjadi lapangan pekerjaan baru seperti yang disampaikan Pak Menteri,” kata Yoyok Sukawi. (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini