Inilah Daftar Peraih Nilai IPK Tertinggi Wisudawan UIN Walisongo Periode Mei 2023, 81 Persen Lulus Tepat Waktu

Rektor UIN Walisongo Prof Dr H Imam Taufiq saat mewisuda periode Mei, Selasa (23/5/2023). ( foto humas uin ws)

SEMARANG (sigijateng.id) –  Selasa (23/5/2023) Universitas Islam Negeri Walisongo menggelar prosesi wisuda periode Mei 2023. Kali ini, diikuti oleh 762 Wisudawan, dimana 81 persen diantaranya lulus dengan tepat waktu.

Sebanyak 762 wiisudawan itu terdiri terdiri dari 11 wisudawan program Doktoral (S3), 44 wisudawan program Magister (S2) dan sebanyak 707 wisudawan program Sarjana (S1). Nilai IPK juga sangat memuaskana. Banyak yang cumlaude.

Acara dikemas dalam Sidang Senat Terbuka UIN Walisongo : Wisuda Doktor (S3) ke 31 , Magister (S2) Ke 55, Sarjana (S1) ke 88 Diploma (D3) ke 34, di Auditorium 2 Kampus 3  Gedung Tgk. Ismail Yakub UIN Walisongo pada Selasa( 23/5/2023). 

Sidang Senat Terbuka dipimpin langsung oleh Rektor UIN Walisongo Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag.

Menggunakan toga dan wisuda adalah cita cita. Tapi wisuda ini bukan akhir, setelah ini wisudawan diharapkan langsung bertugas untuk mengabdi di Masyarakat.  Selain itu, lulus tepat waktu merupakan capaian mahasiswa yang sudah bersungguh sungguh dalam menempuh perkuliahan.

Rektor UIN Walisongo menyampaikan

“Wisuda kali ini luar biasa karena sebanyak 81% persen lulus tepat waktu, 57% adalah lulus di semester 6 dan 7. Bagi kami ini adalah Kebanggaan dan apresiasi sejak awal ditandaskan untuk kuliah tepat waktu. Wisudawan  81 persen lulus tepat waktu bukan harga yang remeh, keberhasilan dan ketercapaian ilmu bermanfaat dan barokah. Wisuda kali ini diapresiasi untuk orang tua. Karena mereka sudah mendukung dan  membimbing serta mengawal,  memberikan semuanya dan doa yang tidak pernah berhenti.  

Prof Imam Taufiq yang juga merupakan Guru Besar Ilmu Tafsir berpesan pada wisudawan

“ Wisudawan tidak perlu untuk FOMO atau Fear of Missing Out, merasa gugup, gagap ketika mengikuti trend yang ada. Kita perlu menekankan integritas dan menerapkan akhlakul karimah. Kita diajarkan tentang Unity of Science. Uos Mengajarkan diatas segalanya ada Alloh yang Maha Alim, sumber dari segala ilmu. Kita niatkan semua untuk menerapkan ilmu yang dipelajari. Tentunya juga menerapkan inovasi, kreatifitas dan pengetahuan riset yang dikembangkan.

Nilai IPK Tertinggi

Wisudawan dibekali dengan ilmu pengetahuan dan akhlakul karimah,” pungkasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Muhsin Jamil mejelaskan dengan di wisudanya 762 wisudawan maka sejak berdirinya UIN Walisongo sudah meluluskan 414 Doktor, 2082 Magister, 46.058 Sarjana, 1373 Ahli Madya dan 105 Ahli Muda. Lulusan kali sebagian besar tepat waktu dengan capaian akademik yang memusakan

“Dari segi pencapaian prestasi akademik, mahasiswa program Doktor lulus dengan predikat sangat memuaskan dengan Indek Prestasi Akademik Rata- rata 3,69. Sedangkan lulusan program magister lulus dengan predikat sangat memuaskan dengan rata rata indek prestasi kumulatif  3,67.  Lulusan dari program Sarjana lulus dengan predikat Cumlaude,  rata rata indeks prestasi kumulatifnya 3,71,” ungkapnya.

Wisudawan terbaik jenjang S1 dari  Fakultas  Syariah dan Hukum diraih oleh Siti Hardianti dengan IPK (3,39) dan Program magister Syariah dan hukum diraih oleh Wali Cosara dengan IPK (3,59) mengangkat judul tesis “Reformulations of The Aceh Hijri Calender Alogarithm.”

Wisudawan terbaik program sarjana Fakultas Ushuluddin dan Humaniora diraih oleh Agussulistyanafta dengan IPK (3,91). Penelitian yang dilakukan tentang “Spionase Intelejen Ayat Tajassus Era Kontemporer Prespektif Fazlur Rahman (Studi Abnalisis Teori Double Movement).”

Sedangkan lulusan Magister Fakultas Ushuludin dan Humaniora diraih oleh Nurul Ichwan dengan IPK (3.93).

Wisudawan Terbaik dari program studi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan diraih oleh Erina Nur Mufattakhatin dengan IPK (3,93) . Sedangkan program Magister diraih oleh Evita Nur Apriliana dengan IPK (3,93) dengan judul Tesis “Pendidikan Damai Pesantren (Studi Fenomenologi di Pesantren As-Shuffag Rembang dan Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadist Bekasi).”

Wisudawan Terbaik Fakultas Dakwah dan Komunikasi tingkat Sarjana diraih oleh Reghifa Khalimatus Syadiyah dengan IPK  (3,92) judul skripsi “Bimbingan Konseling Islam dalam membina Muhasabah An –Nafs pada Lansia di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Klampok, Kabupaten Brebes. Sedangkan wisudawan terbaij Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam diraih oleh Reny Atika Asya’roni dengan IPK (3,77).

Wisudawan Terbaik dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam program sarjana di raih oleh Hestika Oktaviani dengan IPK (3,94) sedangkan program Magister FEBI diraih oleh Darma Taujiharrrahman dengan IPK (3,80) dengan judul Tesis “ Pengaruh Sikap Terhadap Loyalitas Nasabah Layanan Digital Bank Syariah (Studi Menggunakan Model Technologi Continous Theory di Kota Semarang).

Wisudawan terbaik dari Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diraih oleh Dinny Indhikri Azzahra dengan IPK (3.95) dengan judul skripsi “ Pemberdayaan Perempuan melalu Program Bank Sampah (Studi tentang Pengembangan Sosial,Ekonomi dan Lingkungan di Kelurahan Pudak Payung, Kota Semarang’.

Wisudawan Terbaik Fakultas Psikologi dan Kesehatan diraih oleh Wisudawan dengan nama Anindya Raihan Bhagaskara dengan IPK (3,86) dengan judul skripsi “ Pengaruh Etos Kerja Islami dan Kepuasan Kerja terhadap Persepsi Kinerja Karyawan PT Prima Karya Sarana Sejahtera kantor Cabang Semarang”.

Wisudawan Terbaik Fakultas Sains dan Teknologi diraih oleh Yusri Kamilatul Huda dengan IPK (3,92) dengan skripsi berjudul “ Pengembangan Modul FAMA (Faraid Matematika) berbasis Kitab Matan Rahbiyyah Karya Syekh Muhammad Al Rahby”.

Wisudawan terbaik dari program Pasca sarjana diraih oleh Muhammad Himmatur Riza dengan IPK (3,81) dengan judul disertasi “ Perubahan Posisi Matahari sebagai Dasar Reformasi Kalender Syamsiyah dan Variasi Waktu Salat”. Sedangkan program pascasarjana tingkat Magister diraih oleh Ahmad Sahal dengan IPK (3,78).(aris)

Berita Terbaru:

100 160 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here