Soal Potensi Sanksi FIFA, Jokowi Tunggu Laporan Erick Thohir Usai Bertemu Gianni Infantino

Presiden Jokowi. Foto : BPMI Setpres RI

Jakarta (sigijateng.id) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunggu laporan Ketua Umum PSSI Erick Thohir soal potensi sanksi FIFA kepada Indonesia terkait Piala Dunia U-20 2023. Hal itu disampaikan Jokowi usai resmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

“Ya (sanksi) itu nanti setelah saya ketemu Pak Erick seperti apa,” kata Jokowi.

Jokowi meminta Erick Thohir untuk segera melaporkan hasil pertemuannya dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023) kemarin. Termasuk membicarakan potensi sanksi yang mungkin dihadapi Indonesia.

“Ya belum tahu, tadi malam atau tadi pagi (Ketua Umum PSSI) sudah datang atau belum, katanya kalau sudah datang langsung melaporkan ke saya,” Katanya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengutus Erick Thohir untuk menyampaikan surat secara langsung kepada Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023) kemarin, berkenaan dengan keberlangsungan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Namun, selepas pertemuan itu, FIFA mengumumkan pencoretan Indonesia dengan menyebut situasi terkini sebagai alasan tanpa menjelaskan secara rinci. Melalui pengumuman resminya, FIFA juga menyebut akan ada sanksi yang bisa dijatuhkan kepada Indonesia dalam waktu dekat.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan, FIFA saat ini sedang mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi kepada Indonesia. Diketahui, FIFA telah membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Kalau kita lihat dari suratnya itu jelas bahwa FIFA sedang mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia,” kata Erick Thohir dalam keterangan pers yang disampaikan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (31/3/2023).

Erick Thohir diketahui menghadap Jokowi di Istana Kepresidenan pada hari ini untuk menyampaikan hasil pertemuannya dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023) lalu.

Erick mengaku sudah menyampaikan secara detail kepada Jokowi mengenai pertemuannya dengan Infantino. Selain itu, Erick juga menyampaikan surat dari Infantino kepada Jokowi.

Usai membaca surat itu, Jokowi memerintahkan Erick Thohir untuk melakukan dua hal, yakni membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia, dan memastikan Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA.

Erick memastikan akan berupaya keras bernegosiasi dengan FIFA agar Indonesia tidak terkena sanksi FIFA. “Saya sedang menunggu undangan kembali dari FIFA setelah mereka ada rapat FIFA Council yang akan terjadi beberapa hari kedepan. Saya bersiap untuk kembali bertemu FIFA,” kata Erick. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini