Prodi Pendidikan Sejarah UNS Selenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMAN 3 Klaten

SOLO (sigijateng.id)  – Program Studi S1 Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMAN 3 Klaten. Senin, 19 Juni 2023

Pengabdian tersebut mengusung tema “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Sejarah Berdasar Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sejarah SMA di Kabupaten Klaten”.

Kegiatan pengabdian pada tahun ini dirancang oleh Research Group (RG) Historica Edutica Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UNS melalui skema Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Grup Riset (PKM HGR-UNS) dana non-APBN Tahun Anggaran 2023.

RG Historica Edutica terdiri dari delapan dosen, yakni Dr. Hieronymus Purwanta, M.A. selaku ketua tim dan anggotanya, yaitu Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum., Dr. Djono, M.Pd., Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd., Drs. Herimanto, M.Pd., M.Si., Isawati, S.Pd., M.A., Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., M.A., dan Prof. Nunuk Suryani, M.Pd.

RG Historica Edutica bekerja sama dengan MGMP Sejarah Kabupaten Klaten dalam menyusun dan melaksanakan kegiatan ini.

Pelaksanaan kegiatan dibantu mahasiswa Pendidikan Sejarah UNS angkatan 2020, Mita Rosdiana Agustin, Bunga Arinda Ayuningtyas, Edi Saputro, dan Ervan Gusya Ramatha.

Kepala Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNS, Dr. Sutiyah menyampaikan, maksud dan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini berharap dapat bekerja sama ke depannya dalam meningkatkan kualitas guru sejarah di Kabupaten Klaten.

Perwakilan Research Group (RG) Historica Edutica, Dr. Djono  berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi guru-guru sejarah di Kabupaten Klaten.

Sementara, Ketua MGMP Sejarah se-Kabupaten Klaten, Suratno menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Sejarah UNS dalam meningkatkan kualitas guru sejarah di Kabupaten Klaten.

Kepala SMAN 3 Klaten sekaligus Pembina dan Perwakilan MKKS SMA Kabupaten Klaten, Agus Cahyana Budi Santosa, mengucapkan selamat datang dan meminta maaf apabila terdapat kekurangan dalam menyediakan tempat untuk pelaksanaan kegiatan.

Pemateri dalam kegiatan tersebut, Isawati menjelaskan tentang macam-macam teknologi pembelajaran yang digunakan selama beliau mengajar sebagai dosen maupun saat mendampingi anaknya belajar di rumah.

Teknologi tersebut antara lain, E-book flip yang digunakan untuk membuat e-book menjadi lebih menarik; Youtube untuk membuat video pembelajaran agar siswa tidak bosan; Postermywall.com untuk membuat info menarik, cepat, dan mudah; Pixabay.com untuk mencari gambar-gambar yang menarik untuk membuat PPT.

Ia menambahkan, teknologi sangat penting dalam pembelajaran pada zaman sekarang, karena cara belajar anak sekarang sudah berbeda, sudah menggunakan teknologi yang lebih modern sehingga guru harus menguasai teknologi tersebut.

 “Meski begitu, peran guru tidak akan tergantikan oleh teknologi karena guru memiliki simpati, empati, dan afeksi yang dapat mendukung siswa dalam belajar, sedangkan teknologi tidak, teknologi hanya sebagai alat” terangnya.

Selain itu, pihaknya berpesan, jangan hanya menjadi konsumen teknologi, tetapi juga harus bisa menjadi produsen teknologi. Maksudnya adalah guru jangan hanya menggunakan teknologi, tetapi juga harus menghasilkan teknologi.

“Sebagai contoh, seorang guru menggunakan video youtube sebagai media pembelajaran, selain menggunakan, ia juga harus bisa membuat videonya kreasinya sendiri untuk dijadikan media pembelajaran,” Jelasnya.

Pemateri kedua Dadan Adi Kurniawan menuturkan, beberapa pengertian tentang teknologi dan sampai pada kesimpulan bahwa teknologi adalah segenap kesatuan alat, sistem, dan pengetahuan untuk meningkatkan nilai tambah dan menunjang kebutuhan manusia.

“Guru hendaknya tertantang dengan penggunaan berbagai teknologi modern dalam pembelajaran, tetapi juga tidak alergi dengan teknologi lama (kuno nan sederhana). Karakter peserta didik abad 21 sudah jauh berbeda sehingga mau tidak mau juga harus melakukan terobosan dalam hal penggunaan teknologi pembelajaran,” tuturnya.

Sebelum kegiatan berakhir, dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama antara Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UNS yang diwakili Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum dengan pihak MGMP Sejarah se-Kabupaten Klaten yang diwakili oleh dan Suratno, S.Pd. Kegiatan pun selesai pada pukul 12.30 WIB dan diakhiri dengan foto bersama antara dosen, guru, dan mahasiswa.(riya)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini