PCNU Sukoharjo : Terus Istiqomah dan Sabar dalam Berhikmah di Jam’iah Nahdlatul Ulama

Apel di Hari Santri Nasional tahun 2023 bertajuk “Jihad Santri Jayakan Negeri” di Stadion Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah Minggu (22/10). ( foto riya/sigijateng.id)

SUKOHARJO (sigijateng.id) – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sukoharjo, KH Khomsun Nur Arif memimpin Apel di Hari Santri Nasional tahun 2023 bertajuk “Jihad Santri Jayakan Negeri” di Stadion Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (22/10).

Dalam kesempatan itu, KH. Khomsun mengajak untuk mengingat dan mengenang lagi jasa para Kyai dan santri yang telah menjadi syuhada NKRI

Bahwa kenikmatan kemerdekaan menjadikan kita bisa beribadah dengan tenang, bersujud di bumi NKRI dengan penuh kekhusukan.

Maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bagi kita para santri untuk tetap berjihad demi kejayaan negeri ini. Dan cara jihad yang utama adalah dengan terus Istiqomah dan sabar dalam berhikmah di jam’iah Nahdlatul Ulama, karena jamiyah ini adalah jam’iyah yang penuh dengan keberkahan.

“Ingatlah dawuh Hadrotu Syekh Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari dalam qanun asasi NU, beliau dawuh. Marilah kalian semua dan segenap pengikut kalian dari golongan fakir, miskin, para hartawan, rakyat jelata, dan orang-orang kuat, berbondong-bondonglah masuk dalam Jam’iyah yang diberi nama Jam’iyah Nahdlatul Ulama ini

Masuklah dengan penuh kecintaan, kasih sayang, rukun, bersatu dan dengan ikatan jiwa raga

Ini adalah jam’iyah yang lurus, bersifat memperbaiki dan menyantuni, ia manis terasa di mulut orang-orang yang baik dan bengkal di tenggorokan orang orang yang tidak baik,” ujarnya dalam sambutannya.

Mari mulai saat ini, Kyai muda ini berikrarkan diri kita untuk selalu berusaha menjadi santri yang mandiri, santri yang berdaya dan pada akhirnya menjadi santri yang digdaya. Dan itu semua akan bisa terwujud bila bersama-sama ada dalam barisan yang rapi, barisan yang rapat, barisan yang terkoordinasi dengan baik.

Sawwu sufufakum, Sawwu sufufakum, Sawwu sufufakum.

“Kuatkan diri kita dalam satu jam’iyah dan kepemimpinan Kyai, jangan pernah putus harapan, jangan pernah lepaskan ikatan, tetaplah dalam satu komando kita derek dawuh kyai,” tegasnya dengan penuh semangat.

Dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 ini dihadiri belasan ribu jamaah nahdliyin baik dari jajaran pengurus PCNU, MWC NU, Ranting NU, Banom dan lembaga NU se Kabupaten Sukoharjo.

Selain itu, kegiatan Apel HSN 2023 merupakan puncak dari beberapa rangkaian kegiatan seperti, Ziarah Makam Ki Ageng Sutowijoyo, Haul Akbar Masyayikh NU dan Berbagai macam perlombaan untuk menyemarakkan HSN 2023 telah sukses diselenggarakan oleh PCNU Sukoharjo.

Ketua Panitia Hari Santri Nasional PCNU Sukoharjo, KH. Ahmad Hafidh memberikan apresiasi terbaik atas partisipasi jamaah NU dari seluruh penjuru ranting, terimakasih kepada seluruh jajaran Majelis Wakil Cabang (MWC) se Sukoharjo. “Bangga saya bekerja bersama seluruh panitia, baik PC maupun Panitia Lokal MWC NU,” terangnya.

Beliau menambahkan, ala kulli haal, alhamdulillah berbagai kegiatan Ziarah Ageng, Haul Akbar Masyayikh NU dan puncak kegiatan Apel Santri HSN 2023 berjalan lancar dan gemilang, lengkap dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

“Mohon maaf apabila terdapat khilaf dan kekurangan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan ini. Semoga Allah swt. ridlo atas segala perjuangan ini,” pungkas Dosen UIN Surakarta ini. (Riya)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini