Pakem Dimulai, Rektor USM: Selamat Datang, Selamat Bergabung di Kampus Tercinta

Rektor USM Dr Supari ST MT di hadapan ribuan mahasiswa baru semester Gasal 2023/2024 dalam Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (Pakem) di Gelora USM Jl Soekarno-Hatta Semarang, Sabtu 2 September 2023. ( foto usm)

SEMARANG  (sigijateng.id) – ”Selamat datang, selamat bergabung di kampus USM tercinta. Kampus yang senantiasa bertekad, mengantarkan para mahasiswanya menjadi insan profesional, berkeindonesiaan dan unggul di masa depan”.

Iatulah salah satu kalimat yang disampaikan Rektor USM Dr Supari ST MT saat memberikan sambutan di hadapan 4.468 mahasiswa baru semester Gasal 2023/2024 dalam Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (Pakem) di Gelora USM Jl Soekarno-Hatta Semarang, Sabtu 2 September 2023.

Kegiatan Pekam ini diselenggarakan mulai hari ini Sabtu (2/9/2023) hingga Senin ( 4/9/2023) diikuti 4.468 mahasiswa baru. Dari jumlah itu sebanyak 2.500 mahasiswa mengikuti kegiatan secara offline, sedangkan 1.968 mahasiswa mengikuti secara online.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD, Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Pengawas Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir V Priyo Bintoro MAgr, Ketua Senat USM Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog, Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor II Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH, mantan Rektor USM Prof Dr H Pahlawansjah Harahap SE ME dan sejumlah dekan di lingkungan USM.

Ribuan mahasiswa USM baru semester Gasal 2023/2024 dalam Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (Pakem) di Gelora USM Jl Soekarno-Hatta Semarang, Sabtu 2 September 2023. ( foto usm)

Menurut Rektor, USM didirikan oleh lima tokoh Undip yakni Prof Sudarto SH, Prof dr Mulyono S Trastotenojo, Prof Dr Muladi SH, Prof Ir Joetata Hadihardaja, dan Ir Widjatmoko.

Dia mengatakan, USM didirikan dengan tujuan ikut mencerdaskan bangsa. Di Jateng, angka partisipasi kasar pendidikan tingginya 23,9 persen. Artinya, dari 4 pemuda usia kuliah, hanya satu yang jadi mahasiswa. Artinya, mahasiswa adalah kelompok minoritas.

”Itu menunjukkan bahwa mahasiwa adalah kelompok masyarakat pilihan. Anda, para mahasiswa baru USM adalah termasuk dalam generasi terpilih,” katanya.

Para insan intelektual/terdidik, calon pemimpin bangsa ini diharapkan akan berperan lebih besar dalam menentukan kesejahteraan atau kemajuan masyarakat.

”USM bukan hanya megah gedungnya, tapi juga megah kualitas mahasiswanya, megah kontribusinya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, mahasiswa USM bukan hanya belajar ilmu sesuai prodi, tapi belajar semuanya, termasuk pengembangan softskill.

”Ada 34 organisasi mahasiswa, silakan dipilih untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi Anda. Di USM ada orma bidang olahraga, rohani, seni dan budaya, akademik, sosial, dan kebangsaan,” tuturnya.

Di akhir sambutan, Rektor memberikan pantun kepada mahasiswa baru, ”Biarkan mereka sibuk menari, pindah pasangan ganti koalisi, mahasiswa USM adalah pilihan HATI, berkarya bersama majukan negeri”. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini