Main Seni Ketoprak Gandeng MKKS SMA, BNN Kendal Sampaikan Pesan Moral Ini

Perangi narkoba, BNN Kendal main seni ketoprak dengan menggandeng MKKS SMA se Kabupaten Kendal di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Senin (24/6) malam. Foto : Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal menggelar pertunjukan seni budaya ketoprak dengan menggandeng MKKS SMA se-Kabupaten Kendal pada Senin (24/6/2024) malam.

Mengusung tema bergerak bersama melawan narkoba, acara yang dilaksanakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal malam tersebut berlangsung meriah dan penuh dengan pesan moral.

Salah satu pesan moral melalui budaya tradisional ketoprak yakni semangat patriotisme yang berani melawan kejahatan sekalipun tidak harus adu fisik.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Kendal Gembong Sapto Nugroho mengatakan bahwa makna pesan moral dibalik seni budaya itu adalah negeri ini harus ada keberanian dalam melawan kejahatan narkoba.

“Dengan melawan kejahatan ini maka para generasi muda bisa menjauhi semua bentuk narkoba. Apalagi yang hadir malam ini  hampir  siswa SMA dan SMK  sebagai generasi muda,” kata Sapto, usai pertunjukan.

Pagelaran seni ketoprak Bahurekso Robinhood Van Java terbilang spesial karena melibatkan Kepala Sekolah SMA se-Kabupaten Kendal dan Kepala BNN Kabupaten Kendal sebagai pemain ketoprak.

Tak ketinggalan juga turut menjadi pemain dalam seni ketoprak, Kepala BNN Kabupaten Kendal, Anna Setiyawati. Dengan mengenakan pakaian khalayak permaisuri, Anna menyuguhkan penampilan yang apik bagi para penikmat seni malam itu.

Sapto mengungkapkan, ada 34 orang yang memerankan dalam ketoprak ini. Dengan menggandeng MKKS SMA se Kabupaten Kendal ini sekaligus mensosialisasikan  sekolah bersinar, atau sekolah bersih dari narkoba.

“Harapannya melalui pagelaran ketoprak ini selain melestarikan budaya jawa, juga untuk menarik perhatian para generasi muda bahwa memerangi atau melawan kejahatan dalam bentuk narkoba merupakan tanggung jawab bersama,” harapnya.

“Sehingga dengan kegiatan ini para pelajar tidak akan terlibat dalam narkoba,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah, Brigjen. Pol Agus Rohmat mengapresiasi kerja sama dan sinergitas dengan instansi terkait khususnya pemerintah Kabupaten Kendal serta lingkungan pendidikan.

“Melalui sinergisitas ini iharapkan mampu membangun dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya memerangi narkoba,” jelasnya.

Di ketahui usai acara pagelaran seni ketoprak, kegiatan selanjutnya dilakukan pembacaan Deklarasi Sekolah Bersinar oleh seluruh peserta kegiatan yang dipimpin Ketua MKKS SMA Kabupaten Kendal. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini