Nana Sudjana Jadi Pj Gubernur Jateng Gantikan Ganjar Pranowo, Diluar Usulan DPRD Jateng

Ganjar Pranowo dan Nana Sudjana, calon PJ Gubernur Jateng. (foto sigijateng)

SIGIJATENG.ID – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin akan mengakhir masa tugas pada 5 September, atau hari Selasa mendatang. Selanjutnya, gubernur jateng akan diisi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jateng. Mengingat belum digelar pemilihan gubernur.

Informasinya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal menunjuk Nana Sudjana sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) menggantikan Ganjar Pranowo.

Berita penunjukan Nana sebagai Pj Gubernur Jateng disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat, 1 September 2023.

“Keputusan nama-nama pj gubernur diambil dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk menggantikan para gubernur yang habis masa jabatannya,” kata Ngabalin.

Menurut Ngabalin, para pj gubernur akan dilantik dalam waktu dekat oleh menteri dalam negeri atas nama presiden.

Ngabalin turut menyampaikan pesan kepada para pj gubernur itu agar betul-betul bisa bekerja dalam waktu yang ada dan menyiapkan tahapan Pemilu serentak dengan baik di masing-masing provinsi.

Adapun PJ gubernur Jateng yang ditunjuk Presiden Jokowi adalah Nana Sudjana, mantan Kapolda Metro jaya yang juga pernah menjabat sebagai Kapolresta Surakarta.

Jika nanti yang dilantik PJ gubernur Jateng adalah Nana Sudjana, maka nama itu diluar nama yang diusulkan oleh DPRD Jateng.

Karena sebelumnya, DPRD Jateng telah mengusulkan tiga nama dan tidak ada nama Nana.

Berdasarkan catatan Sigijateng.id, DPRD Jateng telah mengusulkan tiga nama kandidat Pj Gubernur Jateng untuk menggantikan Ganjar usai purnabaktinya pada 5 September 2003 nanti. Diketahui, ada tiga nama yang diusulkan DPRD Jateng.

“Hasto Wardoyo Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Tony Tribagus Spontana Kepala Badan Diklat Kejagung RI, dan Sumarno Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah,” kata Ketua DPRD Jateng Sumanto, Senin, 7 Agustus 2023 .

Keputusan DPRD Jateng ini, kata Sumanto, menandai langkah penting dalam menjaga kelancaran pemerintahan Provinsi Jateng saat Ganjar selesai masa jabatannya nanti. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini