Mengenal Lebih Dekat Sosok Brigjen Winarni, Perwira Bintang Satu yang Jadi Staf Khusus KSAD

Staf Khusus KSAD Brigjen TNI Winarni. Foto: Tangkapan layar Youtube TNI AD

Jakarta (sigijateng.id) – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin serah terima jabatan 14 strategis di lingkungan TNI AD pada Senin (21/8/2023). Sertijab itu pun dilakukan di Mabes TNI AD, Jakarta.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman ternyata tak hanya didampingi prajurit laki-laki. Namun, ada sosok Brigjen Winarni, wanita yang bertugas sebagai Staf Khusus KSAD.

Winarni yang kini menyandang jenderal bintang satu merupakan petinggi perwira di TNI Angkatan Darat (AD) yang sejak 21 Januari 2022 menjabat sebagai Staf Khusus KSAD. Seperti apa sosok Winarni, berikut ini profilnya :

Brigjen Winarni mengenyam pendidikan perguran tinggi di UPN Veteran Jakarta setelah lulus dari SMAN 1 Kota Bekasi pada 1982 sebagaiman dikutip dari sindonews. Ia menamatkan kuliahnya dari UPN pada 1986.

Winarni melanjutkan pendidikan dengan mengikuti Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepamilsuk) ABRI dan mengambil kecabangan Korps Ajudan Jenderal (Caj).

Winarni mulai meniti karier militer sebagai Pama Ditajenad setelah lulus dari Sepamilwa ABRI pada 1988.

Berbagai penugasan militer pernan diemban Winari. Di Kodam VI/Tanjungpura ia pernah menjadi Pama Ajendam, Paur Simindiaga Ajendam, dan Kaur Siminperspra Ajendam.

Kemudian, dipindah ke Kodam III/Siliwangi menjadi Kainfolahtadam, Kaajendam, dan Staf Ahli Pangdam. Pada 2016, ia ditarik menjadi Paban III/Jemen Srenad.

Kariernya Winarni kian moncer dengan ditunjuk menjadi Komandan Pusat Pendidikan (Danpusdik) Kowad pada 2019. Setahun kemudian, dipindah menjadi Widyaiswara Bidang Manajemen Akmil. Kemudian, Winarni bertugas sebagai Staf Khusus KSAD sejak 2022.

Winarni menjadi salah satu potret prajurit wanita yang tangguh. Berdasar data 2022, prajurit TNI diperkirakan sebanyak 444.133 orang. Dari jumlah itu, 8.850 atau sekitar 2% di antaranya adalah wanita.

Khusus untuk prajurit perempuan di TNI AD disebut Kowad (Korps Wanita Angkatan Darat). Adapun di TNI AU dikenal dengan Wara (Korps Wanita Angkatan Udara) dan di TNI AL disebut Kowal (Korps Wanita Angkatan Laut). (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini