Libur Nataru, BMKG : Hujan Lebat Guyur Sejumlah Wilayah

Ilustrasi - BMKG prakirakan hujan lebat guyur sejumlah wilayah saat libur Nataru 2024. Foto : pixabay.com

Jakarta (sigijateng.id) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi mengguyur sejumlah wilayah saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, dari hasil prakiraan BMKG, sebaran zona-zona dengan hujan intensitas lebat yang bisa terlihat baik di Sumatera, kemudian di Jawa, Kalimantan dan juga di Nusa Tenggara Timur, di Halmahera dan di Papua untuk periode sebelum Natal.

“Kemudian setelah Natal di sini wilayahnya sedikit bergeser namun potensi hujan dengan intensitas lebat masih terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Kemudian setelah tanggal 1 Januari yaitu periode 2 hingga 8 Januari hujan lebat masih terjadi,” ujar Dwikorita secara virtual dikutip dari Youtube DPR RI, Minggu (17/12/2023).

Dwikorita mengungkapkan, BMKG memprediksi puncak hujan di sebagian wilayah Indonesia akan terjadi pada Januari.

“Prediksi kami puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia terjadi di bulan Januari dan bisa juga sebagian wilayah yang lain di bulan Desember, sebagian wilayah di bulan Februari. Namun Januari ini di sebagian besar wilayah Indonesia.”

Sementara itu, kata Dwikorita, prakiraan cuaca dari BMKG saat ini menggunakan super komputer atau high performance computer sehingga bisa memprakirakan akan potensi hujan di hari, tanggal, bahkan daerah mana saja.

“Kami sudah memprediksi potensi hujannya di hari-hari atau tanggal apa saja di daerah mana saja, bedanya dengan tahun lalu resolusinya 9 km, kali ini 3 kali lebih tinggi resolusinya adalah 3 km,” ujarnya.

“Kenapa demikian? Karena kali ini kami sudah mengembangkan teknologi prakiraannnya dengan super komputer atau high performance computer dengan kapasitas 1,3 petaflop. Dan juga menghitung interaksi antara atmosfer dan lautan. Tahun-tahun Sebelumnya kami prakiraan cuaca itu hanya menghitung atmosfer, lautan dihitung sendiri. Tapi kali ini terintegrasi,” ujarnya.

Berikut potensi hujan sedang hingga lebat pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2024:

17 – 24 Desember 2023:

Hujan lebat: Aceh, Sumatera Utara, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua

Hujan sedang: Sulawesi Selatan

25 Desember 2023 – 1 Januari 2024:

Hujan lebat: Sumatera Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur

Hujan sedang: Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua

2 – 8 Januari 2024:

Hujan lebat: Sumatera Barat, Kep. Riau, dan Jawa Tengah

Hujan sedang: Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini