Kaisar Jepang Kunjungi Candi Borobudur, Ini Tujuannya

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang hari ini (22/6/2023) ditutup sementara terkait kunjungan kenengaraan Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri Masako. ( beritamagelang.id)

SIGIJATENG.ID – Kamis (22/6/2023) pagi ini, Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan ditutup sementara. Penutupan dilakukan karena adanya kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri Masako. Penutupan sementara dilakukan mulai pukul 06.00 WIB- 10.00 WIB.

General Manager Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi mengatakan kunjungan wisatawan reguler ditutup sementara mulai pukul 06.00 sampai pukul 19.00 WIB.

“Setelah pukul 10.00 WIB akan dibuka lagi,” kata General Manager Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi kepada wartawan dikutip dari beritamagelang.id.

Lebih lanjut, Jamaludin mengungkapkan, agenda kunjungan Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri Masako untuk melihat lebih dekat monumen Candi Borobudur. Juga dijadwalkan rombongan kenegaraan ini akan menaiki struktur bangunan bersejarah ini.

Menurutnya, tamu negara  hanya akan fokus kunjungan ke Candi Borobudur saja, tidak ke area lain di kawasan Borobudur. Rencananya Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri Masako dengan rombongan berjumlah 50 orang akan ke struktur Candi Borobudur. Hal itu sesuai pembatasan yang disampaikan oleh Balai Konservasi Borobudur.

“Mereka tetap menggunakan properti yang wajib untuk naik ke monumen yaitu sandal khusus atau Upanat,” ungkapnya.

Untuk penyambutan Kaisar Jepang Naruhito bersama  Permaisuri Masako, pihak TWC sudah intens melakukan persiapan sejak dua Minggu lalu sebelum hari-H. Dimulai dari koordinasi kedutaan Jepang yang ada di Indonesia. Kemudian dengan pihak protokol dan pihak keamanan, baik dengan pihak TNI dan polri termasuk melakukan simulasi bagiamana alur kedatangan tamu negara tersebut.

“Insyaallah keamanan terjamin, karena kami melibatkan unsur TNI dan Polri. Mereka yang bertanggung jawab sepenuhnya atas kunjungan tamu negara tersebut. Dari awal datang, berada di Borobudur, hingga meninggalkan Candi Borobudur,” jelas Jamaludin.

Terpisah, Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono mengatakan, untuk pengamanan kunjungan Kaisar Jepang akan melibatkan sekitar 300 personel gabungan. Pengamanan mulai dari perjalanan hingga menuju Candi Borobudur. (asz)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini