Jabal Uhud : Jadi Saksi Syahidnya Para Syuhada, Jabal Uhud- Gunung yang Dijanjikan di Surga Kelak (1)

Suasana Jabal Uhud di Kota Madinah. Foto : viant / sigijateng.id/ tim MCH

Madinah (sigijateng.id) – Gunung Uhud atau jabal uhud kerap juga disebut Bukit Uhud berlokasi sekitar 5 kilometer sebelah utara dari kota Madinah. Jabal Uhud adalah gunung yang kelak ada di surga.

Bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah umrah atau haji, biasanya akan menyempatkan diri untuk mengunjungi Jabal Uhud. Atau minimal melihat Jabal Uhud ketika melintas di Madinah. Gunung ini begitu istimewa. 

Jabal Uhud adalah gunung batu berwarna kemerahan, ukurannya tidaklah begitu besar, tingginya sekitar 1.050 m dengan panjang 7 km. Jabal Uhud seperti sekelompok gunung yang tidak bersambungan dengan gunung-gunung yang lain. 

Karena itulah, penduduk Madinah menyebutnya Jabal Uhud, yang artinya “bukit menyendiri”. 

Mengutip buku Sejarah Terlengkap Nabi Muhammad SAW: Dari Sebelum Masa Kenabian hingga Sesudahnya oleh Abdurrahman bin Abdul Karim disebutkan bahwa Jabal Uhud adalah gunung yang kelak berada di surga. 

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Bukit Uhud adalah salah satu dari bukit-bukit yang ada di surga.” (HR. Bukhari). 

Anas bin Malik menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, Uhud adalah satu gunung yang mencintai kami, dan kami juga mencintainya.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Sebuah riwayat juga menceritakan, Nabi Muhammad SAW pernah menaiki puncak Uhud bersama Sayyidina Abu Bakar, Sayyidina Umar al-Faruq, dan Sayyidina Utsman bin Affan. Setelah keempatnya berada di puncak, terasa Gunung Uhud bergetar. 

Kemudian Nabi Muhammad SAW menghentakkan kakinya, dan bersabda, “Tenanglah kamu, Uhud. Di atasmu, sekarang adalah Rasulullah dan orang yang selalu membenarkannya, dan dua orang yang akan mati syahid.” 

Tak lama setelah itu, Uhud berhenti bergetar. Demikianlah tanda kecintaan dan kegembiraan Uhud menyambut Rasulullah SAW. (Red/ bersambung)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini