Gali Informasi Masyarakat, Tim Posko 118 KKN MIT 16 UIN Walisongo Awali Kegiatan dengan Silaturahmi Tokoh Warga

Tim Posko 118 KKN MIT 16 UIN Walisongo saat acara silaturahmi dengan tokoh masyarakat. ( foto tim kkn)

DEMAK (sigijateng.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT Ke-16) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Posko 118 di Desa Tangkis Kecamatan Guntur Kabupaten Demak melakukan silaturahmi dengan berbagai tokoh masyarakat setempat.

Program KKN di UIN Walisongo Semarang, merupakan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kurikulum mahasiswa. Setiap tahun, mahasiswa yang terpilih berkesempatan untuk tinggal dan mengabdikan diri di berbagai desa atau kelurahan selama kurun waktu lebih dari satu bulan lamanya.

Kemudian, selama itu mahasiswa terlibat dalam berbagai proyek pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan tokoh dan masyarakat setempat. Proyek tersebut mencakup berbagai bidang seperti pendidikan, keagamaan, lingkungan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi lokal.

Mahasiswa KKN MIT 16 Posko 118 yang dibimbing oleh Riska wijayanti, M.H melakukan silaturahmi dengan berbagai tokoh masyarakat Desa Tangkis sebagai upaya mempererat hubungan dan berkontribusi pada pembangunan komunitas.

Salah satu Mahasiswa KKN MIT 16 posko 118, Nailul Faridah, mengatakan melalui silaturahmi hubungan antara mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat semakin kuat dan saling mendukung. Kegiatan ini diharapkan juga dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam menjalankan program KKN yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Dengan kegiatan silaturahmi ini, dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai masyarakat setempat. Selain itu, juga mampu mengidentifikasi permasalahan yang perlu diselesaikan serta potensi yang dapat dikembangkan,” katda Faridah.

Apa yang didapat dari silaturahim akan menjadi dasar untuk merencanakan program kerja KKN yang efektif dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Giat silaturahmi ini diharapkan menjadi langkah awal untuk membawa perubahan positif dan memperkuat sinergi antara perguruan tinggi dan masyarakat desa.

“Melalui kegiatan silaturahmi dengan tokoh masyarakat setempat, kami mendapatkan wawasan yang berharga. Kami berharap kegiatan KKN dapat membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai tantangan yang mereka hadapi, serta memberikan kontribusi positif yang bermanfaat dalam pengembangan potensi daerah ini,” kata Faridah.

Apa yang dilakukan para mahasiswa UIN diapresiasi oleh kades Tangkis Sumadi. Kades berharap mahasiswa dapat diterima dan dikenal oleh masyarakat serta mau membaur dengan kehidupan desa sehingga dapat melaksanakan misi KKN dengan optimal.

“Para Mahasiswa KKN MIT 16 Posko 118 menunjukkan komitmen mereka dalam mengenal dan memahami kondisi masyarakat setempat. Mereka secara aktif mencari tahu kebutuhan dan potensi yang ada di lingkungan sekitar,” kata Sumadi, Kepala Desa Tangkis.

Dengan semangat kebersamaan, mahasiswa KKN MIT 16 Posko 118 berusaha memberikan kontribusi positif yang bermanfaat dan berkelanjutan bagi masyarakat.

(ilhal/*)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini