Cegah Tindak Kejahatan Saat Nataru, Polda Jateng Terjunkan Tim Sniper 

Ilustrasi. Tim penembak jitu pengamanan Nataru. Foto : Istimewa

Semarang (sigijateng.id) – Sebanyak 15 ribu personel gabungan dikerahkan Polda Jateng untuk mengamankan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Bahkan personel penembak jitu atau sniper juga tak luput ikut serta diturunkan.

Hal itu disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi usai Apel Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Ia menegaskan untuk keamanan sudah ada tim penegakan hukum (gakkum) baik dari Direktorat Kriminal Khusus maupun Kriminal Umum.

“Tim gakkum terkait Operasi Nataru sudah terbentuk. Bahkan mereka kita siapin striking force untuk memberikan efek jera dengan sniper yang ada, minimal untuk memberikan efek jera,” kata Luthfi di Lapangan Pancasila Semarang, Jumat (22/12/2023).

“Karena kebutuhan meningkat yang biasanya tidak maling jadi maling dan ini kita siapkan dengan penegakan hukum yang tegas,” imbuhnya.

Jenderal bintang dua ini juga menegaskan larangan petasan untuk perayaan Tahun Baru. Kalaupun ada pihak yang hendak menyalakan kembang api untuk tanda pergantian tahun, harus mengajukan izin ke kepolisian.

“Petasan tetap kita ada imbauan. Petasan terkait dengan petasan kemudian hendak yang diperjualbelikan, Direktorat Intelijen sudah melakukan pemantauan agar tidak dilakukan pesta kembang api, harus ada izin dari kita,” jelas Luthfi.

Dalam kegiatan Operasi Lilin Candi 2023, personel gabungan yang dikerahkan sejumlah 15.250 orang. Ada 278 pos yang disiagakan di Jateng.

“Ini untuk memberikan jaminan dalam rangka masyarakat kita yang melakukan mudik maupun balik serta pengamanan ibadah Natal,” tegasnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini