Catat ! Jemaah Haji Wajib Perhatikan Hal Berikut ini saat di Tanah Suci

Jemaah haji Indonesia 2023 mendapatkan pelayanan dari petugas PPIH Arab Saudi setibanya di Bandara AMMA Madinah. Foto : Istimewa

Jakarta (sigijateng.id) – Menunaikan ibadah haji memerlukan kesiapan tidak hanya fisik namun juga kesehatan mental pikiran. Mengingat pentingnya memori dan kejernihan pikiran bagi jamaah haji, 

Dokter Leksmana Arry Chandra dari pelaksana PKP3JH (Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji) Petugas Haji Indonesia 2023 memberikan saran mitigasi (upaya pencegahan) berupa langkah yang dapat diambil untuk menghindari hilang ingatan (amnesia) selama perjalanan haji.

1. Persiapkan Diri Secara Mental
“Mental yang kuat dan relaks adalah kunci untuk menjaga ingatan yang baik” Terang dr.Leks biasa disapa. Selama persiapan haji agar berfokus pada praktik-praktik spiritual, seperti berdoa, membaca Al-Quran, dan merenungkan makna ibadah haji. Menurutnya, latihan bersikap khusyuk dan relaksasi juga dapat membantu menjaga pikiran yang tenang.

2. Tetap Aktif secara Fisik
Kegiatan dan olahraga teratur dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan daya ingat. Selama masa persiapan haji, Dr Leks menghimbau untuk menastikan menjaga rutinitas olahraga walau sederhana namun sehat seperti berjalan kaki atau berlari, berenang jika masih di Indonesia sebelum keberangkatan haji.

3  Terapkan Gaya Hidup Sehat
Menjaga pola makan yang seimbang dengan memasukkan makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan kacang-kacangan ke dalam asupan harian tubuh. “Hindari makanan berlemak, makanan cepat saji, dan makanan tinggi gula. Pastikan juga untuk minum air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi” jelas Dr. Leks.

4.  Melatih Otak
Pelibatan otak yang dalam kegiatan yang merangsang pikiran seperti membaca buku, menulis, atau memecahkan teka-teki dapat membantu menjaga ingatan dan kognisi. “Terutama, membaca Al-Quran dan merenungkan makna serta mengikuti pengajian Islam dapat meningkatkan pemahaman dan memori spiritual” pungkasnya.

5. Kelola Stres dengan Baik
Keadaan stres dapat mempengaruhi kemampuan memori dan konsentrasi. Dalam perjalanan haji yang penuh dengan tantangan fisik dan emosional, penting untuk mengelola stres dengan baik. “Latihan pernapasan, meditasi, dan praktik keagamaan dapat membantu menenangkan pikiran dan menjaga kejelasan mental” Ujar Dr. Leks

6. Gunakan Bantuan VisualMembuat catatan atau menggunakan peta, foto, atau jadwal perjalanan dapat membantu jamaah haji mengingat informasi penting, seperti lokasi dan urutan tempat yang akan dikunjungi.

7. Jaga Tidur yang CukupTidur yang cukup sangat penting untuk memperbaiki daya ingat dan konsolidasi memori. Usahakan untuk tidur dengan waktu yang cukup setiap malam agar pikiran dan tubuh dapat pulih sepenuhnya.

8. Gunakan TeknologiMenggunakan aplikasi atau perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk membantu jamaah haji mengingat informasi dan jadwal dapat menjadi pilihan yang baik. Pastikan juga untuk memanfaatkan teknologi dengan bijaksana.

9. Pentingya Dukungan dari Teman dan Keluarga

Mengobrol dengan teman dan keluarga tentang persiapan haji, pengalaman sebelumnya, dan harapan Anda dapat membantu memperkuat memori dan memberikan dukungan emosional. 
Riwayat kesehatan jamaah sangat membantu petugas dalam melayani terutama masalah kemampuan ingatan, sehingga kasus jamaah haji Indonesia hilang karena hilang ingatan tidak terulang kembali di kemudian hari. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini