Cat Lovers Wajib Tahu, Begini 10 Gaya Tidur Kucing dan Artinya!

Cat Lovers Wajib Tahu, Begini 10 Gaya Tidur Kucing dan Artinya! (foto: thediscerningcat)

SIGIJATENG.ID – Buat para cat lovers, pernahkah kamu memperhatikan bagaimana gaya kucing-kucing kesayangan mu saat tidur?

Kucing memang dikenal sebagai hewan yang suka tidur. Mereka menghabiskan waktu kurang lebih 12-16 jam sehari hanya untuk tidur.

Sebagian besar perilaku tidur mereka berasal dari kecenderungan sosial. Kucing dapat tidur menyendiri ataupun dapat tidur di samping majikannya karena kucing dapat memiliki hubungan sosial dan membentuk ikatan dengan manusia.

Ternyata, setiap posisi atau gaya kucing saat tertidur, memiliki arti tersendiri lho catlovers!

Dilansir dari thediscerningcat, berikut 7 gaya kucing tidur yang biasanya ditemui, yakni:

  1. Meringkuk

Gaya tidur ini seperti bentuk dari bulan sabit. Posisi tidur ini bertujuan untuk kucing memaksimalkan kehangatan untuk kucing saat tidur dan melindungi semua organ vitalnya.

Gaya tidur ini merupakan yang paling kucing sering lakukan ketika berada di alam liar. Kucing juga terkadang dapat mengambil gaya ini jika merasa tidak aman.

  1. Tidur Dalam Kotak

Kucing sangat sering tidur di dalam sebuah kotak, seperti kardus, keranjang, atau benda kotak lainnya.

Sebuah kotak bisa menjadi cara untuk kucing tetap berlindung saat berburu atau untuk memastikan pemangsa lain tidak menemukannya. Selani itu, dengan kotak ini mungkin menunjukkan bahwa ada sesuatu pada kucing kamu yang ingin disembunyikan dari sesuatu atau seseorang di rumahnya.

  1. Perut Menghadap Ke Atas

Kucing yang tidur dengan gaya ini merupakan pertanda bahwa mereka memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemiliknya.

Gaya ini adalah posisi cukup rentan untuk kucing. Oleh karena itu, mereka hanya mengambil gaya tidur ini bila mereka memercayai lingkungan dan orang di sekitarnya.

  1. Mata setengah tertutup

Gaya tidur ini sering ditemui pada kucing. Kucing pada nyatanya memang bisa tidur dengan mata setengah terbuka dan setengah tertutup. Jika kucing melakukan tidur dengan gaya ini, maka mereka memastikan bahwa mereka tidak akan melewatkan potensi ancaman apa pun.

  1. Menyamping

Posisi tidur kucing menyamping memiliki banyak kesamaan dengan posisi perut menghadap ke atas. Gaya ini tidak terlalu terbuka seperti perut ke atas tetapi ketika kucing tidur miring, mereka masih memperlihatkan sebagian perut mereka.

Posisi ini juga merupakan tanda positif bahwa kucing merasa nyaman dengan lingkungan sekitarnya.

  1. Kaki di Wajah

Jika kucing kamu tidur dengan meletakkan kakinya ke wajah, itu berarti secara tidak sadar adalah tanda bahwa mereka sedang tidur nyenyak.

Posisi tidur kucing yang sangat lucu ini pada dasarnya adalah tanda jangan ganggu. Sehingga kucing pada posisi ini tidak mudah bangun bila terdapat suara yang cukup mengagetkan.

  1. Superman

Gaya ini terjadi ketika kucing berbaring menelungkup, kaki depan mereka direntangkan ke depan, dan kaki belakang mereka direntangkan ke belakang yang kemudian menjadi seperti gaya Superman saat terbang.

Jika kucing kamu sedang tidur dengan gaya superman ini, berarti kucing kamu sedang dalam kondisi yang rileks, sehingga mereka cenderung akan tertidur lelap jika dalam pose tidur ini.

  1. Tidur di atas majikan

Bila kucing tidur di atas majikannya, itu menandakan bahwa mereka ingin dekat dan merasa nyaman dengan majikannya.

Kucing akan cenderung memilih area seperti kaki dan dada majikannya untuk tidur karena mereka menganggapnya lebih kecil kemungkinan untuk digerakan daripada lengan majikannya.

  1. Diselip selimut hingga tempat tidur

Kucing suka meringkuk dibawah selimut, sofa, tempat tidur, dan sebagainya. Posisi ini memberikan kehangatan, kenyamanan, dan juga sebagai perlindungan.

  1. Duduk

Pada posisi ini, biasanya kucing hanya bertahan selama 15-20 menit. Kucing akan melilitkan ekornya di sekitar kakinya dan mengedipkan mata sebanyak 40 kali. Gaya tidur ini memastikan bahwa mereka dapat bangun pada saat itu juga.

Nah itu dia 10 gaya tidur kucing yang biasanya ditemui. Gaya tidur kucing kamu yang mana nih? (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini