63 Persen Masuk Musim Kemarau, Tapi Hujan Masih Berpotensi Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia

Ilustrasi. Foto : pixabay.com

Jakarta (sigijateng.id) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca dalam sepekan ke depan, mulai 8 hingga 14 Agustus 2023, sejumlah wilayah Indonesia masih berpotensi hujan. Meskipun, 63% wilayah telah masuk musim kemarau.

BMKG mengatakan potensi hujan ini diakibatkan beberapa faktor diantaranya adanya aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator diprakirakan aktif di sebagian wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.

“Sementara itu, gelombang Kelvin di prakirakan masih akan aktif di sebagian wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Sehingga, faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Selasa (8/8/2023).

Selain itu, terpantau sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Sumatra Barat, dan Papua Barat, yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari di Samudra Hindia Barat Sumatra Barat, dan dari Papua Tengah hingga Papua Barat serta dari daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Hindia Barat Sumatra Bagian Utara, dan Papua Tengah.

BMKG mengatakan daerah konvergensi memanjang dari Laut Andaman hingga Pesisir Barat Thailand, dari Pesisir Barat Sumatra Utara hingga Selat Malaka, dari Selat Karimata hingga Laut Natuna, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tengah, dan dari Samudra Hindia Timur Pulau Timor hingga Pulau Timor.

Serta daerah pertemuan angin (Konfluensi) terpantau dari Laut Arafuru hingga Laut Banda, dari Laut Flores hingga Laut Jawa, di Laut Cina Selatan, dari Samudra Hindia Selatan NTT hingga Selatan Jawa, dan di Laut Andaman.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” katanya.

Sementara itu, BMKG mengungkapkan berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat,Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga mengatakan faktor cuaca global dan regional di sebagian besar wilayah Indonesia sangat mempengaruhi cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan kedepan.

“Pada sepekan kedepan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Papua,” katanya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim (puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, dan lain-lain) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu kedepan di wilayah:

Tanggal 8 – 9 Agustus 2023 : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua Barat, dan Papua.

Tanggal 10 – 11 Agustus 2023 : Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Papua. Dan untuk tanggal 12 – 14 Agustus 2023 : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua Barat, dan Papua. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini