20 Jemaah Haji Indonesia Dirawat, Didominasi Sakit Jantung hingga Demensia

Ilustrasi: 20 Jemaah Haji Dirawat, Didominasi Sakit Jantung hingga Demensia (Foto : tim mch)

Madinah (sigijateng.id) – Sebanyak 20 jemaah haji dirawat Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Mereka yang dirawat umumnya menderita jantung, paru dan dementia.

Kasi Kesehatan Daker Madinah Thafsin Al Farizi mengatakan, total jamaah yang masih dirawat sebanyak 20 orang. Rinciannya di KKHI Madinah sebanyak 13 orang dan di RSAS sebanyak 7 orang.

“Penyakit dengan gangguan jatung, paru dan dementia,” kata Thafsin Al Farizi kepada tim Media Center Haji (MCH) PPIH Arab Saudi 2023, Sabtu (27/5/2023).

Terpisah, Ahli Gizi Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (PKP3JH) Petugas Haji Indonesia Heri Kusdianto mengatakan, jemaah haji harus menjaga kesehatan.  Caranya dengan mengonsumsi makanan dan banyak minum air. “Minumlah beberapa teguk setiap jam meski tidak merasakan haus. Atut pola makan yang baik agar kesehatan jemaah terjaga” katanya.

Ia menuturkan, saat ini cuaca di Madinah cukup panas. Untuk itu, jemaah haji harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Cuaca siang hari yang panas dan aktivitas fisik yang banyak tentunya membutuhkan asupan cairan yang cukup.

Berdasarkan data yang diperoleh, jemaah haji yang dirawat berasal embarkasi Aceh (BTJ), Batam (BTH), Jakarta-Pondok Gede (JKG), JKS (Bekasi), Solo (SOC). Surabaya  (SUB) dan Ujung Pandang (UPG).

Berikut ini nama-nama jemaah yang dirawat antara lain yakni Yazali Sufi Bin Sufi Ibrahim di RS King Fahad Madinah; Sudarmi Binti Ramijo di RS King Fahad Madinah; Kotin Binti Suwondo Tamsir RS King Fahad Madinah; Itaneh Binti Ladale RS King Fahad Madinah; Hadori Bakri Arsiman bin Bakri, Langen Delem Darussalam di RS King Fahad Madinah; Anik Herwati Binti Katni RS General Hospital Madinah Almunawaroh; Maaruf Abdul Azis Bin Abdul Azis RS General Hospital Madinah Almunawaroh. (via)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini