Soal 2 Amal Usaha Muhammadiyah RSI dan Umkaba, Ketum PP Muhammadiyah Haedar Menilai Sebagai Center of Excellence

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof DR. KH. Haedar Nashir, M.Si meresmikan gedung 9 lantai RSI Muhammadiyah Kendal, Rabu (19/10/2022).

Kendal (Sigijateng.id) – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof DR. KH. Haedar Nashir, M.Si meresmikan gedung 9 lantai RSI Muhammadiyah Kendal, Rabu (19/10/2022).

Peresmian gedung dengan nama Prof A Azhar Basyir tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Haedar Nashir disaksikan Ketua PWM Jawa Tengah, Direktur RSI Kendal, dr Suhadi, Sp.An, dan Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam.

Disamping acara peresmian gedung baru tersebut juga dilakukan pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (Umkaba), Sri Rejeki.

Haedar Nashir mengatakan, dibangunnya rumah sakit oleh Muhammadiyah bukan semata-mata untuk kepentingan persyarikatan saja, tetapi merambah untuk kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara.

“Muhammadiyah membangun berbagai fasilitas, termasuk kesehatan yang di dalamnya ada rumah sakit sebagai tugas dan bentuk tanggung jawab terhadap kemaslahatan umat” katanya.

Haedar memahami, Muhammadiyah dalam membangun rumah sakit telah mendapat bantuan dan dukungan dari pemerintah daerah untuk kepentingan masyarakat, umat, bangsa, dan juga kemanusiaan yang nantinya juga akan kembali ke masyarakat luas.

“Insya Allah jika mendukung, mengbackup dan membuka akses untuk kemajuan Muhammadiyah akan kembali untuk masyarakat, bangsa dan negara, bukan untuk Muhammadiyah saja,” ujar Haedar.

Menyinggung tentang dua amal usaha Muhammadiyah, RSI dan Umkaba, Haedar menilai sebagai sebuah center of excellence bagi PDM Kendal.

“Perguruan tinggi Muhammadiyah dan RSI Kendal, bahkan Kendal memiliki 3 rumah sakit Muhammadiyah dan segera akan bertambah 2. Ini sebagai sebuah keunggulan PDM Kendal” puji Haedar.

Sementara itu, Ketua PWM Jawa Tengah, KH. Tafsir mengungkapkan berdirinya Umkaba karena merger dua perguruan tinggi Muhammadiyah di Kendal dan Batang, yakni STIKES Muhammadiyah Kendal dan STKIP Muhammadiyah Batang.

Tafsir menilai, PDM Kendal dan Batang telah ikhlas dalam merger untuk mendirikan Umkaba dan dia berharap ke dua PDM tersebut tidak merasa kehilangan atas amal usaha Muhammadiyah yang pernah dimilikinya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengapresiasi kepada Muhammadiyah Kendal yang telah menunjukkan kiprahnya dalam membantu pemerintah Kab. Kendal, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Dua amal usaha Muhammadiyah di bidang kesehatan dan pendidikan merupakan usaha dalam meningkatkan SDM di Kendal” kata Dico.

Dia berharap perguruan tinggi Muhammadiyah di Kendal semakin berkembang dan maju untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Kawasan Industri Kendal dan Kawasan Industri Batang. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini