Resmi Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Laksamana Yudo, Jenderal Andika Perkasa : Saya Lega Menyudahi Dinas Aktif di TNI

Serah terima jabatan (sertijab) Panglima TNI dari Jenderal Andika Perkasa kepada Laksamana Yudo Margono digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022) pagi. Foto : Dok.Puspen TNI

Jakarta (sigijateng.id) – Jenderal TNI Andika Perkasa resmi melakukan serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI kepada penerusnya, Laksamana Yudo Margono, Selasa (20/12/2022).

Sertijab tersebut digelar satu hari setelah Laksamana Yudo dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta. Dalam gelaran Sertijab, Jenderal Andika juga menyerahkan tongkat pimpinan TNI kepada Laksamana Yudo.

Selepas upacara, Andika mengaku lega telah menyudahi masa aktifnya di TNI.

“Saya merasa lega menyudahi dinas aktif di TNI, sejauh saya berusaha, penilaian itu bukan milik saya. Yang jelas saya dan istri sudah menyelesaikan tugas saya sampai akhir,” kata Andika, Selasa (20/12/2022) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Secara khusus, Andika mengatakan dirinya akan memberikan masukan kepada Yudo soal dinamika yang terjadi. “Saya akan berikan masukan bila terjadi dinamika,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Yudo mengaku bangga karena dapat menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

“Pertama pasti bangga karena tertinggi di TNI, namun kita memiliki beban dan tanggung jawab yang besar, tadinya saya hanya bertanggung jawab untuk Angkatan Laut, sekarang untuk TNI,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meninggalkan rumah dinasnya (Rumdin) di Jalan Taman Suropati RT 5 RW 5 Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Selasa, (20/12/2022).

Dia meninggalkan Rumdin sekira pukul 07.35 WIB menuju Markas Besar (Mabes) TNI di Cilangkap, Jakarta Timur untuk serah terima jabatan dengan Panglima TNI sebelumnya yang dijabat oleh Jenderal Andika perkasa.

Perjalanan Yudo menuju Mabes TNI menggunakan mobil dikawal oleh iring-iringan pasukan. Nampak di dalam Rumdin Yudo terdapat banyak karangan bunga ucapan selamat atas jabatan baru tersebut. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini