Lima Kecamatan di Blora Masuk Zona Orange

Peta Persebaran Covid-19 di Kabupaten Blora, Senin (21/2/2022) (foto:corona.blorakab/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Lima Kecamatan di Kabupaten Blora masuk kategori zona risiko sedang (orange) persebaran Covid-19. Kelimanya adalah kecamatan Tunjungan, Blora, Ngawen, Randublatung dan Cepu.

Sedangkan kecamatan lainnya masuk kategori zona kuning (risiko rendah). Untuk tingkat Jawa Tengah, Kabupaten Blora masuk kategori zona orange.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Edi Widayat, S.Pd, M.Kes, M.H, meminta kepada warga masyarakat supaya lebih disiplin dan patuh protokol kesehatan serta tidak ragu mengikuti vaksinasi.

“Semua warga masyarakat jangan abai. Tetap patuh protokol kesehatan Covid-19 dan bagi yang belum, segera ikut vaksin. Jangan takut. Karena vaksin bisa membentuk kekebalan tubuh atau herd immunity,” kata Edi Widayat, Senin (21/2/2022).

Berbagai cara telah ditempuh oleh Pemkab Blora supaya warga masyarakat mau ikut vaksin. Salah satunya Dinas Kesehatan Blora bekerja sama dengan dealer sepeda motor Yamaha menyediakan hadiah satu unit sepeda motor tipe Yahama Gear 125 untuk menarik minat masyarakat di wilayah setempat agar segera mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua. Selain sepeda motor, disiapkan pula hadiah menarik lainnya.

“Program vaksinasi berhadiah tersebut kami mulai hari ini Senin 21 Februari 2022 hingga 5 Maret 2022,’’ jelasnya.

Menurut Edi Widayat, tak ada persyaratan khusus bagi warga yang hendak mengikuti vaksinasi Covid-19 dan ingin mendapatkan hadiah yang disiapkan. Persyaratannya, kata Edi Widayat, yakni hanya diperuntukan bagi warga ber KTP Blora.

“Ayo ajak keluarga, saudara, tetangga dan teman-teman untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Namun, harus diingat, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes),” kata Edi.

Edi Widayat menjelaskan, setiap warga Blora yang mengikuti vaksinasi dalam program berhadiah sepeda motor tersebut nantinya akan mendapatkan kupon undian.

Menurut rencana, pengundian kupon untuk mendapatkan pemenang akan dilakukan pada Rabu 9 Maret 2022.

Vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua, kata Edi Widayat, bisa dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Blora seperti di rumah sakit atau puskesmas serta kegiatan vaksinasinya yang digelar oleh instansi ataupun organisasi dan kelompok masyarakat.

“Silahkan datang langsung ke lokasi vaksinasi dengan membawa fotocopi KTP dua lembar dan mencantumkan pula nomor handphone,’’ kata Edi Widayat.

Pada 21-22 Februari 2022 dijadwalkan akan ada vaksinasi di Kelurahan Balun, Cepu 23-24 Februari 2022 di Kecamatan Blora Kota sekaligus launching vaksinasi berhadiah.

Kemudian pada tanggal 1-2 Maret 2022 vaksinasi dilakukan di Kecamatan Randublatung. Sedangkan pada 21 Februari-5 Maret 2022 vaksinasi berhadiah sepeda motor digelar di fasilitas kesehatan (Rumah sakit, Puskesmas dan klinik yang melayani vaksinasi di seluruh Kabupaten Blora.

“Ayo vaksin dan menangkan hadiahnya,” ajak Edi Widayat.

Sementara itu berdasarkan update vaksinasi Covid-19 Kabupaten Blora, Senin (21/2/2022) total vaksinanasi dosis I sebanyak 635.007, dosis II 489.553, dan dosis III 26.000.

Jumlah tersebut dengan sasaran remaja, masyarakat umum, tenaga kesehatan, disabilitas , pelayan publik, ibu hamil dan anak-anak usia 6-11 tahun. Sedangkan target sasaran 715.441.(Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini