Ketua GP Ansor: Jangan Pelintir Pernyataan Menag untuk Timbulkan Kegaduhan

Ketua GP Ansor Luqman Hakim. (Foto: IST-Dok.sigijateng)

Jakarta (Sigi Jateng) – Ketua GP Ansor Luqman Hakim meminta semua elemen bangsa tidak menggoreng-goreng atau memelintir pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut soal aturan pembatasan volume suara pengeras Masjid dan Mushola.

Luqman menegaskan, Gus Yaqut sama sekali tidak membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing. “Jadi, saya harap pernyataan Gus Yaqut itu tidak usah dipelintir atau digorang-goreng untuk menimbulkan kegaduhan,” ujar Luqman kepada wartawan, Kamis (24/2/2022).

Luqman menegaskan, tidak ada yang salah dengan pernyataan Gus Yaqut mengenai perlunya aturan penggunaan speaker masjid. Gus Yaqut, kata dia, menyebut ‘anjing menggonggong’ sebagai contoh suara yang bisa mengganggu ketenangan anggota masyarakat.

“Apa pun yang berpotensi mengganggu ketenangan masyarakat, harus diatur agar tidak menciptakan disharmoni sosial. Itu salah satu tugas pemerintah,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, setelah menyimak pernyataan Menag Yaqut Cholil Qoumas yang menjelaskan Surat Edaran (SE) 05/2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola sama sekali tidak ada niat untuk membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing.

“Setelah saya menyimak pernyataan beliau secara lengkap dan utuh, saya haqqul yakin Pak Menteri Agama tidak ada niatan untuk membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing,” kata Zainut seperti dikutip Beritasatu.com, Kamis (24/2/2022).

Zainut menegaskan, hal yang disampaikan oleh Menag hanya memberikan tamsil atau perumpamaan dengan tujuan agar bisa lebih mudah ditangkap pemahamannya oleh masyarakat tanpa ada maksud membandingkan satu dengan lainnya.

Untuk itu, Zainut berharap semua pihak dapat memahami pernyataan Menag secara utuh. “Saya mohon masyarakat dapat memahami pernyataan Pak Menag secara utuh, jernih, dan proporsional agar tidak muncul dugaan yang tidak benar,” ucapnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini