Hari Ibu, 22 Desember 2022: Sejarah, Tema, dan Logo Resmi!

Hari Ibu, 22 Desember 2022: Sejarah, Tema, dan Logo Resmi! (foto : kemenpppa.go.id)

SIGIJATENG.ID – Apakah kamu pernah mendengar tentang Hari Ibu? Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember.
Awalnya, Hari Ibu dibuat untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa.

Saat ini, Hari Ibu di Indonesia banyak dirayakan sebagai ungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu.
Berbagai kegiatan akan digelar saat Hari Ibu, seperti memberikan kejutan bagi ibu, membebaskan para ibu dari kegiatan domestik sehari-hari, hingga lomba masak dan berkebaya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, Yuk simak informasi berikut!

Sejarah Hari Ibu
Latar belakang Hari Ibu tidak lepas dari peristiwa bersejarah, yakni Kongres Perempuan Indonesia I pada 22 sampai 25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Para pejuang wanita yang berasal dari 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera berkumpul dan melahirkan Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Penetapan 22 Desember sebagai peringatan Hari Ibu mengacu pada pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia I yang dihelat tanggal 22-25 Desember 1928, atau hanya beberapa pekan setelah Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Kongres Perempuan Indonesia I yang berlangsung pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda itu diikuti oleh tidak kurang dari 600 perempuan dari puluhan perhimpunan wanita yang terlibat. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang suku, agama, pekerjaan, juga usia.

Dalam Kongres Perempuan Indonesia I, agenda utamanya adalah: Persatuan perempuan Nusantara; Peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan; Peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa; Perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita; Pernikahan usia dini bagi perempuan; dan lain-lain.

Penetapan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember baru diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Hari ini kemudian secara resmi ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1959.

Hari Ibu tanggal 22 Desember dijadikan hari nasional yang diperingati setiap tahun secara khidmat dan penuh makna oleh segenap bangsa Indonesia.

Tema Peringatan Hari Ibu Tahun 2022
Dilansir dari laman resmi Kemenpppa, tema peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022 beserta sub temanya. Tema Hari Ibu 2022 adalah “PEREMPUAN BERDAYA INDONESIA MAJU”.
Untuk mendukung tema utama Hari Ibu 2022 tersebut, Kemenpppa juga menetapkan empat sub tema yang berbeda. Berikut informasi sub-sub tema tersebut:
• Sub Tema Hari Ibu 2022 1: “Kewirausahaan Perempuan: Mempercepat Kesetaraan, Mempercepat Pemulihan”
• Sub Tema Hari Ibu 2022 2: “Perempuan dan Digital Economy”
• Sub Tema Hari Ibu 2022 3: “Perempuan dan Kepemimpinan”
• Sub Tema Hari Ibu 2022 4: “Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya”

Logo Hari Ibu 2022 dan Link Download
Selain tema peringatan Hari Ibu 2022, Kemenpppa juga telah merilis logo peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022. Logo tersebut dapat diunduh melalui laman resmi Kemenpppa sebagai berikut: Dowload di sini.
Dalam logo Hari Ibu 2022 nampak tulisan angka 94 berwarna merah putih yang disertai bendera merah putih dengan lambang bunga melati di atasnya. Ada pula tulisan “MERDEKA MELAKSANAKAN DHARMA” di bagian bawah logo tersebut.

Arti Logo Peringatan Hari Ibu Tahun 2022

Logo Hari Ibu 2022 memiliki arti tersendiri yang begitu mendalam. Berikut penjelasan masing-masing atribut dalam logo Hari Ibu tahun 2022 tersebut.

Setangkai Bunga Melati – Kuntum menggambarkan:
• Kasih sayang kodrati antara ibu dan anak
• Kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak
• Kesadaran perempuan untuk menggalang kesatuan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Angka 94 melambangkan:
Sembilan puluh empat tahun sudah para perempuan Indonesia yang tergabung dalam berbagai organisasi dan lembaga swadaya masyarakat, baik secara kelompok maupun individu, turut berpartisipasi aktif membangun bangsa di berbagai sektor.

Merah Putih Berkibar melambangkan:
Ini melambangkan bahwa bendera telah dikibarkan oleh para perempuan Indonesia, berarti perjuangan perempuan pantang menyerah mempertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Demikian Informasi terkait Hari Ibu 2022. Semoga bermanfaat! (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini