FISIP UIN Walisongo Bangun Mental Intelektual Remaja Dengan Lomba Menulis Artikel

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang, Dr. Hj. Misbah Zulfa Elizabeth. (Foto. FISIP UIN WS)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Pencarian bibit-bibit unggul intelektual muda harus dilakukan sejak usia remaja. Hal tersebut diimplementasikan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang dengan menjaring siswa-siswi SMA sederajat dalam lomba penulisan artikel nasional yang digelar sejak Awal Februari hingga Akhir Maret 2022.

Dengan mengangkat tema “Generasi Milenial di Era Digital”, panitia lomba berhasil menjaring 300 peserta yang tersebar dari berbagai penjuru Indonesia.

Dr. Hj. Misbah Zulfa Elizabeth selaku Dekan FISIP mengatakan tujuan diadakannya perlombaan ini yaitu untuk menumbuhkan semangat membaca dan menggali potensi menulis siswa SMA.

“Mengingat pada saat ini potensi menulis merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh para siswa,” ucap Eliz, sapaan akrab Bu Dekan, Selasa (29/3/2022).

Eliz juga mengatakan bahwa lomba penulisan artikel nasional tingkat SMA ini merupakan ajang pengenalan keberadaan FISIP UIN Walisongo Semarang dan sebagai ajang mencari siswa SMA yang berprestasi dalam bidang kepenulisan.

Eliz membeberkan bahwa perlombaan ini memiliki 2 orientasi. Pertama, sebagai ajang pengenalan mengenai keberadaan FISIP bagi para siswa SMA maupun masyarakat secara umum. Kedua, sebagai ajang untuk melatih kemampuan menulis siswa dan mencari siswa SMA berprestasi yang memiliki potensi di bidang kepenulisan.

“Dari 2 orientasi tersebut diharapkan FISIP menjadi fakultas pilihan bagi siswa SMA untuk menempuh pendidikannya dan sama-sama membangun budaya akademik yang baik di kalangan mahasiswa,” tandasnya.

Setelah melewati beberapa tahap perlombaan seperti sosialisasi, pendaftaran, presentasi, dan penjurian, akhirnya artikel terbaik dimenangkan oleh Aqil Nafi Aditama dari MA Khusnul Khotimah sebagai juara 1 dengan judul artikel “Revolusi Pendidikan Generasi Milenial di Era Revolusi 4.0 dengan Metode Digital Learning”. Kemudian, juara 2 dimenangkan oleh Khorirotuz Zahro dari MAN 1 Kudus dengan judul artikel “Cyberdakwah yang Ramah sebagai Filter Isu Hoax dan Konten Negatif di Media Sosial”.

Juara 3 dimenangkan oleh Khalisah Pradipta dari SMAN 15 Jakarta dengan judul artikel “Cermin, Solusi Hidup Sehat dan Lawan Gesit Menuju Milenial Produktif dan Berdaya Saing di Era Digitalisasi”. (Mushonifin/DIZ)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini