Bakti Sosial, TMMD REG-115 Berhasil Kumpulkan 29 Kantong Darah

Kegiatan Donor darah TMMD reg -115 di Rusunawa Kudu, berhasil mengumpulkan 29 kantong darah. (Foto. Kodim 0733 KS)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Kegiatan nonfisik TMMD REG-115 Tahun 2022, di Kecamatan Genuk, Kota Semarang yang digelar Kodim 0733 KS (Kota Semarang) Kodam IV Diponegoro bekerja sama dengan PMI Kota Semarang telah berhasil mengumpulkan 29 kantong darah dari aksi donor darah di Rusunawa Kudu.

Donor darah tersebut sebagai wujud kepedulian warga rusunawa untuk kemanusian yang diprakasai TMMD. Hadir dalam kegiatan tersebut Waaster Kasdam IV / Diponegoro Letkol Kav Muhammad Syarif Prawira Negara Matandong SE, ME .

Selain donor darah, acara dilanjutkan ke-3 titik kegiatan, yakni pembangunan dan pengecoran jalan di wilayah RW7 dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH). Di tempat yang sama, sehari sebelumnya juga diadakan kegiatan posyandu, mengingat Rusunawa Kudu banyak dihuni keluarga muda yang memiliki balita.
Melalui posyandu diharapkan tingkat kesehatan anak-anak di Rusunawa Kudu meningkat.

Pelanyanan posyandu tersebut meliputi imunisasi, penimbangan badan balita, dan pemberian makanan tambahan. Bagi warga lansia juga diberikan pelayanan kesehatan berupa konsultasi kesehatan seperti cek tensi darah, kadar gula, dan pengobatan gratis.

“Kami berharap warga Rusunawa Kudu bisa memanfaatkan program Posyandu dan pelayanan lansia ini dengan sebaik-baiknya. Karena beberapa bulan terakhir ini minat warga mengikuti posyandu sangat rendah,” papar petugas Pukesmas Bangetayu Kota Semarang Widya Puji Agustin, Sabtu (22/10/2022).

Dia mengaku, tidak memahami kenapa posyandu yang digelar setiap tanggal 18 rendah peminatnya. Padahal, sebelum-sebelumnya selalu ramai.
“Semoga dengan diadakan TMMD di Rusunawa Kudu ini, masyarakat kembali sadar dan tergugah akan pentingnya posyandu,” tambahnya.

Dansatgas TMMD Reg 155 TA 2022 Kodim 0733/KS Kolonel Inf Honi Havana mengungkapkan, tidak mudah membangun kesadaran masyarakat untuk mendatangi posyandu. Padahal, setiap balita atau anak-anak berhak mendapatkan pelayanan kesehatan, salah satunya melalui imunisasi.

Menurutnya, Rusunawa Kudu yang dihuni 790 KK menjadi sasaran yang tepat untuk program TMMD. “Kami hadir melalui TMMD membantu pemerintah menyosialisaikan, membangun kesadaran, memberikan edukasi tentang pentingnya kesehatan balita,” ujar Dandim Semarang. (Mushonifin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini