Segera Disahkan Jadi Panglima TNI, Berikut ini Pengalaman Karier Militer Jenderal Andika Perkasa

Jenderal TNI Andika Perkasa punya pengalaman dan karir mentereng. Foto : Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – Hari ini, DPR menggelar rapat paripurna untuk menetapkan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Senin (8/11/2021). Berikut ini sejumlah pengalaman karier militer yang sangat mentereng dimiliki Jenderal Andika Perkasa.

Jenderal Andika Perkasa didapuk akan menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Andika Perkasa merupakan salah satu prajurit TNI yang memiliki jenjang pendidikan tinggi. Dia menyandang gelar doktor dari kampus luar negeri.

Pria kelahiran Bandung 21 Desember 1964 ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1987, menjabat di pucuk pimpinan TNI AD sebagai KSAD pada 22 November 2018.

Pengalaman karier militer Jenderal Andika Perkasa yang dikenal ramah ini ternyata mengawali dari korps baret merah (Kopassus). Walau berkarir di TNI, dia memiliki gelar pendidikan tinggi, bahkan tiga gelar S2.

Lalu gelar doktor dari Universitas George Washington. Perwira tinggi TNI ini merupakan satu-satunya nama usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, dia tetap akan menjalani fit and proper test.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kadispenad itu pernah menjabat sebagai Danpaspampres pada 2014 dan Pangdam Tanjungpura di 2016 ketika pangkatnya masih mayor jenderal (mayjen) TNI.

Jabatan Jenderal TNI Andika pernah menuai pujian pada 2018. Saat itu dia menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Selanjutnya beberapa bulan kemudian diangkat menjadi KSAD berpangkat jenderal. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini