Musorprov KONI Jateng Akan Digelar dengan Berkualitas, Begini Penjelasan Ketua Panitia Amir Machmud

Ketua Panitia Musorprov KONI Jateng Amir Machmud memimpin rapat panitia bersama Plt Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana di Ruang Rapat KONI Jateng, Selasa (21/12/2021) ( foto humas koni jateng)

SEMARANG (Sigijateng.id) – Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jawa Tengah 2021 tinggal dua hari dan dipastikan hanya ada satu calon Ketua KONI periode 2021 – 2025 yakni Bona Ventura Sulistiana.

Ketua Panitia Musorprov KONI Jateng Amir Machmud menegaskan panitia pelaksana tidak akan menggelar acara empat tahunan itu secara asal-asalan. Musorprov KONI Jateng akan digelar dengan berkualitas.

“Kita akan bikin Musorprov ini berkualitas. Tidak boleh terkesan sekadar formalitas untuk penetapan dan pengesahan calon ketua umum menjadi ketua umum terpilih, meskipun calon tunggal,’’ kata Ketua Panitia Pelaksana Amir Machmud NS dalam rapat panitia, Selasa (21/12/2021).

Sebagaimana dijadwalkan, Musorprov KONI Jateng akan digelar di Hotel Patra Semarang, Kamis dan Jumat (23 – 24 Desember) besok.

Musorprov ini akan diikuti utusan 35 KONI kabupaten/kota, 67 pengurus cabang olahraga dan 6 badan fungsional KONI.

Salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum KONI Jateng periode 2021 – 2025.

Amir Machmud menjelaskan meski hanya ada satu calon, Musorprov KONI Jateng akan berlangsung sesuai prosedur standar suatu musyawarah organisasi. Urutan-urutan acara akan dilakukan dengan benar tanpa meninggalkan suatu hal yang sudah terprogram.

“Masa pandemi Covid-19 ini panitia juga tidak mau ceroboh. Seluruh panitia dan peserta rapat diwajibkan untuk tes antigen untuk melihat kondisi peserta benar-benar negatif dari dari virus Corona atau tidak. Tes antigen khusus panitia digelar Rabu siang (pukul 10.00 – 14.00),’’ tegas Amir yang juga ketua PWI Jawa Tengah itu.

Diterangkan oleh Amir, agenda Musurprov selain memilih ketua , juga akan membahas program program kerja. Diperkirakan pada sidang-sidang komisi akan berlangsung dinamis. Salah satu topiknya adalah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Ada sebagian KONI kabupaten/kota yang menghendaki Pra-Porprov dan Porprov digelar pada tahun 2022. Sebagian lain menghendaki Pra-Porprov 2022 dan Porprov 2023.

‘’Ini kan harus dibahas serius. Makanya kami bertekad untuk menggelar Musorprov ini secara berkualitas. Tidak sekadar formalitas untuk memilih ketua umum,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sampai pendaftaran calon ketua ditutup oleh Tim Sembilan (Panitia Penjaringan dan Penyaringan) tanggal 15 Desember lalu, hanya satu orang yang mendaftar diri yakni Bona Ventura Sulistiana yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas  (Plt) Ketua Umum KONI Jateng.

Dengan dukungan 83 suara, kemudian diverifikasi oleh Tim Sembilan, Bona dinyatakan memenuhi persyaratan calon ketua umum.  ‘’Hasil dari verifikasi kami Tim Sembilan, semua dokumen saudara Bona sah. Karena itu, kami tetapkan beliau sebagai calon,’’ kata Wakil Ketua Tim Sembilan, Adeng Sudarwanto.

Anggota Tim Sembilan lainnya, Ali Purnomo menyebut dengan adanya satu calon maka dalam Musorprov akan dilakukan keputusan aklamasi. Hal itu sesuai dengan SK Nomor 4 Tahun 2018, hasil Rapat Anggota Tahunan 2018, yang menyebutkan, ‘’Jika hanya ada satu calon ketua umum dalam Musorprov makan calon tersebut diputuskan aklamasi sebagai ketua terpilih,” pungkasnya. (aris)

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini